Deteksi Birahi Ternak Sejak Dini Agar Tidak Melewatkan Masa Subur! - Comedy and Indie

Selasa, 15 Agustus 2023

Deteksi Birahi Ternak Sejak Dini Agar Tidak Melewatkan Masa Subur!

 
Penyuluhan Deteksi Birahi pada Ternak


Loetju.idBanjarsari, Pekalongan (30/07/2023) Deteksi birahi pada ternak merupakan aspek penting dalam manajemen peternakan yang bertujuan untuk memastikan efisiensi dan produktivitas dalam reproduksi ternak. Oleh karena itu, Mahasiswa KKN UNDIP, Muhammad Kemal Pasha Gumelar mengadakan penyuluhan mengenai deteksi birahi pada ternak, sebagai upaya mendorong kemajuan dalam sektor peternakan. 

Pada acara penyuluhan ini, mahasiswa KKN membahas tentang pentingnya deteksi birahi pada ternak, terutama pada sapi dan kambing. Penyuluhan ini menjelaskan bagaimana birahi atau estrus memiliki peran penting dalam siklus reproduksi ternak dan bagaimana deteksi birahi yang tepat tidak akan melewatkan masa subur ternak. 

Acara ini diawali dengan pemaparan materi melalui media Power Point dan pemberian poster kepada para kelompok ternak. Materi yang disampaikan meliputi tanda-tanda birahi, siklus reproduksi dan fase-fase birahi. 


Selain penyampaian materi, Mahasiswa KKN juga mendorong interaksi dan pertanyaan dari para peserta. Diskusi yang aktif menciptakan lingkungan yang berbagi pengetahuan dan memungkinkan pemahaman yang lebih baik tentang topik yang dibahas. Penyuluhan tentang deteksi birahi pada ternak yang diselenggarakan oleh Mahasiswa KKN merupakan langkah penting dalam meningkatkan manajemen reproduksi ternak di wilayah Desa Banjarsari, Kabupaten Pekalongan. 

Dengan adanya penyuluhan ini, peternak lokal akan semakin sadar akan pentingnya deteksi birahi yang tepat pada ternak. Dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh, mereka dapat mengoptimalkan usaha peternakan mereka dan mendukung pertumbuhan sektor peternakan secara keseluruhan.
 


Penulis: 
Muhammad Kemal Pasha Gumelar

DPL:
Muhammad Iqbal Fauzan, S.P., M.Si

Lokasi KKN:
Desa Banjarsari, Kecamatan Talun, Kabupaten Pekalongan

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..