Mahasiswa KKN UPGRIS Margosari Lakukan Pelatihan Coding Bagi Siswa SD - Comedy and Indie

Senin, 18 Maret 2024

Mahasiswa KKN UPGRIS Margosari Lakukan Pelatihan Coding Bagi Siswa SD

 



Loetju.idMahasiswa KKN Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) Kelompok 116 melaksanakan pelatihan coding bagi siswa kelas V SDN 02 Margosari, Limbangan, Kab Kendal, Jawa Tengah pada Sabtu (24/03).
Kegiatan ini merupakan program kerja dari sie literasi digital. Pelatihan coding yang melibatkan siswa kelas V SD ini adalah kegiatan pembelajaran dengan bermain menggunakan program digital berbasis komputer dan menggunakan internet. Tujuan diadakannya program kerja ini adalah untuk memperkenalkan coding kepada siswa kelas V SD yang dikemas dalam bentuk game.

Manfaat coding bagi siswa kelas V SD sendiri adalah menumbuhkan kreativitas, membantu anak-anak dengan keterampilan matematika, meningkatkan keterampilan menulis, meningkatkan literasi digital dan percaya diri dalam memecahkan permasalahan. 

Kegiatan pengenalan coding ini dilakukan pada hari Kamis, tanggal 24 Februari 2024. Diawali dengan kegiatan ice braking, perkenalan, dan dilanjut kegiatan inti. Respon siswa dalam kegiatan ini sangatlah antusias dan gembira. Mereka bisa belajar sambil bermain dengan menggunakan teknologi digital. Apalagi pada akhir kegiatan siswa yang berhasil menyelesaikan lebih dahulu akan mendapat hadiah. 

“Pelatihan ini mampu memberikan kesan yang menyenangkan bagi anak-anak karena mereka bisa belajar menggunakan laptop, internet, dan bermain game namun tetap mengasah pikiran” ucap Kharisma Dita selaku sie pendidikan yang juga mendampingi kegiatan ini. 

Kegiatan ini diharapkan dapat melatih siswa dalam mengasah kreatifitas dan mampu melatih siswa dalam memecahkan sebuah permasalahan. Kegiatan ini juga diharapkan dapat menambah pengalaman dan pembelajaran kepada siswa dalam bidang literasi digital.



Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..