Kenalan dengan Raim Laode Komika dan Penyanyi Peraih AMI Award Dua Kali - Comedy and Indie

Selasa, 16 Januari 2024

Kenalan dengan Raim Laode Komika dan Penyanyi Peraih AMI Award Dua Kali

 


Loetju.id - Selain sebagai seniman komedi tunggal, para komika juga pada umumnya punya skill seni yang lain. Sebut saja mereka yang akhirnya terjun ke dunia penulisan skenario, konsultan kreatif, sutradara, hingga pemeran series dan film layar lebar.

Selain skill di atas, tidak sedikir komika yang juga sukses dalam skena musik, banyak nama yang sudah menelurkan karya baik single bahkan album, ada Hifdzi Khoir, Nopek Novian, Dzawin, Davi Sumbing hingga yang tidak banyak orang tahu bahwa ia adalah komika yaitu Raim Laode yang mungkin sobat pembaca baru tahu dari lagu viralnya yang berjudul Komang.

Video lirik lagu Komang sudah ditonton sebanyak 88 juta kali dalam waktu 9 bulan penayangan sejak diupload tanggal 22 Februari 2023 di channel youtube Raim Laode yang sudah memiliki 615 ribu subscriber.

Padalah jauh sebelum sebelum lagu Komang viral, Raim sudah menelurkan banyak single dan tentu saja malang melintang di dunia komedi. Lewat postingan kali ini yuk Kenalan dengan Raim Laode Komika dan Penyanyi Peraih AMI Award Dua Kali.

Memiliki nama lengkap La Ode Raimudin, yang dikenal dengan nama Raim Laode ia lahir pada 28 April tahun 1994 dikenal sebabai pelawak tunggal, aktor, dan penyanyi-penulis lagu berkebangsaan Indonesia.


Karir Raim Laode sebagai Komika
Raim merupakan salah satu komika dari Indonesia Timur asli Wakatobi yang dikenal secara nasional setelah mengikuti kompetisi Stand Up Comedy Academy musim kedua (SUCA 2) yang diadakan oleh Indosiar. Lolos sebagai satu dari total 42 orang finalis, Raim di kompetisi juga harus bersaing dengan kakak kandungnya sendiri, yaitu Boy Laode. 

Mereka berdua lolos audisi SUCA 2 di Makassar dan menjadi kakak beradik pertama yang tampil di satu kompetisi SUCA. Berbeda dengan sang kakak yang belum lama ikut ber stand up comedy, Raim memiliki jam terbang lebih baik dari kakaknya karena dirinya ikut dengan komunitas stand up comedy, yaitu Stand Up Indo Kendari sejak akhir tahun 2014, sehingga ia pun lebih banyak berlatih dan tampil open mic di wilayah Sulawesi sekitarnya. Raim yang merupakan mahasiswa Universitas Haluoleo, Kendari jurusan Pendidikan Sejarah 

.ini pun ikut mengisi program komedi di TV lokal bernama KOTAWA, yang tayang sejak 2015 hingga sekarang. Dalam ajang SUCA 2, ia dikenal dengan rambut keritingnya yang khas dan pembawaan materi ala Indonesia Timur.

Dalam kompetisi tersebut ia tereliminasi di babak 4 besar setelah putaran pertama. Sewaktu menjadi semifinalis Stand Up Comedy Academy 2 membuat pemerintah daerahnya mendaulat menjadi duta pariwisata Wakatobi.


Karir Raim Laode sebagai Penyanyi
Pada tahun 2018 Raim terjun ke dunia seni musik. Portofolio talenta bernyanyi Raim Laode untuk pertama kalinya diluncurkan kepada publik pada 6 Oktober 2018 berupa audio dalam format statis video, yang meraih penikmat sebanyak 488 ribu dengan respon sebanyak 10 ribu. Singel perdananya berjudul "Cemburu" diluncurkan pertama kali dalam bentuk audio pada 6 Oktober 2018, disusul lagu Suasana Rumah yang diluncurkan pertama kali dalam bentuk video musik pada 12 April 2019.

Sejumlah film yang pernah ia bintangi diantaranya, Cek Toko Sebelah, Suami untuk Mak, Flight 555, Pohon Terkenal, Teachers, Kukira Kau Rumah, Ranah 3 Warna. Tak hanya itu Raim juga main dibeberapa series yaitu Nongkrong di Warung Kopi, Di Sebelah Ada Surga, Kejebak Kawin, Gini-Gini Aja?, Jawara Indonesia, I Love You Silly, dan Hari ini Kenapa, Naira?.

Selain itu Raim juga tampil dalam beberapa acara televisi, diantaranya KOTAWA (TVRI Sultra) sebagai pengisi acara, Stand Up Comedy Academy 2 (Indosiar, 2016) sebagai peserta, Waktu Indonesia Timur (NET., 2018—2019) sebagai pengisi acara tetap, Sarung Ramadan (TVRI Nasional, 2022) sebagai pembawa acara dan dalam video musik berjudul "Tua Bersama" (2021).

Sejauh tulisan ini dibuat setidaknya sudah ada 11 single yang dinyanyikan oleh Raim Laode ditulis oleh ia sendiri dan rekannya.

Daftar lagu yang dinyanyikan oleh Raim Laode:
1. Cemburu
2. Suasana Rumah
3. Salah
4. To The Bone"
5. Suasana Rumah"
6. Su Terlalu Lama"
7. Sang Badut
8. Tua Bersama
9. Komang
10. Ekspektasi
11. Lesung Pipi


Bukti bahwa Raim Laode tak main-main dalam skena musik adalah dengan berhasil menyabet dua penghargaan di  ajang bergengsi Anugerah Musik Indonesia tahun 2023 sebagai pemenang dalam kategori Artis Solo Pria Pop Terbaik dan Pencipta Lagu Pop Terbaik dengan lagu yang ia tulis dan ciptakan untuk sang istri tercinta berjudul Komang.



Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Raim_Laode
Sumber foto: https://apahabar.com


====
Baca juga:


Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..