Mahasiswa KKN Undip Melakukan Sosialisasi Pengenalan Green Logistics dan Himbauan “Kurangi Sampah Plastik Sebagai Langkah Untuk Menciptakan Lingkungan Asri!” - Comedy and Indie

Minggu, 04 Februari 2024

Mahasiswa KKN Undip Melakukan Sosialisasi Pengenalan Green Logistics dan Himbauan “Kurangi Sampah Plastik Sebagai Langkah Untuk Menciptakan Lingkungan Asri!”



Loetju.id - Kaligayam, Kab. Klaten (22/01/2024), Isu perubahan iklim pada era globalisasi kini menjadi permasalahan yang perlu di perhatikan serius bagi berbagai sektor. Isu mengenai lingkungan berkaitan dengan peran dari manusia dalam menjaga ekosistem. Dalam kegiatan logistik terutama dalam sektor industri memberikan kontribusi terhadap lingkungan, dalam akitivitasnya yaitu mencangkup keseluruhan proses aliran material barang mulai dari pemasok, proses produksi, transportasi dan distribusi produk dari manufaktur ke distributor, pengecer sampai ke konsumen. 

Green Logistics mengacu pada perspektif lingkungan dengan fokus pada bagaimana mengelola dan meminimalisir limbah hasil kegiatan logistik dalam industri. Salah satu permasalahan yang ada yaitu meningkatnya sampah plastik dari hasil kegiatan logistik dan sektor industri. Sebagian besar pelaku usaha UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Desa Kaligayam belum mengetahui apa itu green logistics dalam menjalani usahanya. Padahal, saat ini permasalahan tersebut perlu diperhatikan dan menjadi fokus mereka dalam ikut serta utnuk menjaga lingkungan.

Melihat permasalahan tersebut, Novia Rahmadina (22) Sebagai Mahasiswa Fakultas Sekolah Vokasi jurusan D-4 Manajemen dan Administrasi Logistik yang tergabung dalam KKN TIM 1 Unversitas Diponegoro 2023/2024 melaksanakan sebuah program kerja berupa sosialisasi pengenalan green logistics mengenai kemasan ramah lingkungan dan dampak bahaya limbah plastik yang dihadiri oleh pelaku usaha UMKM di Desa Kaligayam.
                                                    
Program kerja ini diadakan pada 22 Januari 2024 pada pukul 12:30-13:30 WIB bertempat di SDN 03 Kaligayam yang berada di Desa Kaligayam, Kabupaten Klaten. Dalam pelaksanaan sosialisasi mengenai green logistics dan dampak bahaya limbah plastik bertujuan untuk memberi pengetahuan bagaimana melakukan kegiatan usaha dengan tetap memperhatikan dampak bagi lingkungan. 


Selain itu, kegiatan ini menghimbau pelaku usaha untuk mulai melakukan kegiatan logistik dengan mengurangi kantong plastik dan beralih dengan penggunaan totebag kain yang dapat digunakan berulang. Kegiatan ini juga memaparkan dampak bahaya limbah plastik dan isu tekait. Dalam pelaksanaan program kerja ini tidak hanya memaparkan materi melalui Powerpoint tetapi juga membagikan totebag kain sebagai contoh dan juga poster yang berisi ajakan untuk mengurangi sampah plastik.       

Dengan dilakukannya sosialisasi ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran bagi pelaku usaha UMKM di Desa Kaligayam untuk ikut serta dalam menjaga lingkungan melalui kegiatan usahanya. 
                                             


Penulis: 
Novia Rahmadina

Dosen Pembimbing: 
Ari Wibawa Budi Santosa, S.T., M.Si

Lokasi: 
SDN 03 Kaligayam
Kecamatan Wedi, Kabupaten Klaten

Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..