Mahasiswa KKN UNDIP Dampingin Kader UMKM dengan Memanfaatkan Teknologi Untuk Pengoptimalan dan Pengembangan Usaha - Comedy and Indie

Selasa, 13 Februari 2024

Mahasiswa KKN UNDIP Dampingin Kader UMKM dengan Memanfaatkan Teknologi Untuk Pengoptimalan dan Pengembangan Usaha

 
Sesi Dokumentasi Bersama Kader  


Loetju.idTanjungrejo, (05/02/2024) – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) TIM 1 Universitas Diponegoro (UNDIP) 2023/2024 yang berada di Desa Tanjungrejo melakukan edukasi dan pendampingan dalam pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Edukasi dan pendampingan ini melibatkan beberapa aspek penting seperti pembuatan izin usaha, pembukuan yang baik, dan pengetahuan kualitas produk yang dijual kader UMKM. 

Seiring dengan kemajuan teknologi saat ini, kami memanfaatkan hal tersebut untuk membantu dalam pendampingan kader UMKM membuat perizian usaha secara online melalui Online Sign Submission (OSS). Selain itu, kami memberikan edukasi kepada kader UMKM pentingnya memahami tata cara pembukuan untuk mengetahui pendapatan dan pengeluaran. Hal penting lainnya yang kami lakukan saat pendampingan adalah dengan memperhatikan kualitas produk khususnya makanan guna mengetahui kandungan nutrisi dari produk yang dihasilkan oleh kader UMKM dan selanjutnya kami memberikan print out kandungan nutrisi yang sebelumnya telah dihitung.

 
Proses Pendampingan Pembuatan NIB 


 
Penyerahan Nutrifact (Kandungan gizi) pada Kader UMKM  


Penyerahan NIB (surat izin usaha) pada Kader UMKM

Pelaksanaan Program Kerja ini mendapatkan respon positif dari para kader UMKM. Mereka memperhatikan dan bertanya terkait apa saja yang masih dirasa belum jelas. Mereka juga merasa terbantu dengan adanya program kerja yang telah Mahasiswa KKN TIM 1 UNDIP laksanakan.




Penulis :
1. Andri Akbar Damareksa – FEB
2. M. Cahye Mayendra – FH
3. Aisha Farah Azizah – FK
4. Annisa Maulita Tri Utami – FPP
5. Resti Wulandari - FT

Dosen Pembimbing Lapangan:
1. Dr. Dra. Nurhayati, M.Si
2. Ir. Daud Samsudewa, S.Pt., M.Si., Ph.D.
3. Asep Muhammad Samsudin, S.T., M.T


Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..