Mencegah Stunting Sejak dalam Kandungan, Mahasiswa KKN UNDIP Memberikan Edukasi dan Pendampingan pada Ibu Hamil - Comedy and Indie

Selasa, 13 Februari 2024

Mencegah Stunting Sejak dalam Kandungan, Mahasiswa KKN UNDIP Memberikan Edukasi dan Pendampingan pada Ibu Hamil

 




Loetju.idTanjungrejo (21/01/2024) - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) TIM 1 Universitas Diponegoro (UNDIP) 2023/2024 yang berada di Desa Tanjungrejo melakukan edukasi dan pendampingan pada ibu hamil terkait pola asuh  dan gizi ibu hamil yang perlu diperhatikan. Ibu hamil merupakan salah satu kelompok rawan yang perlu diperhatikan untuk keberlangsungan hidup bayi dan ibu. Apabila ibu hamil tidak mengetahui apa saja yang perlu dipersiapkan untuk kebutuhan anak baik nutrisi ataupun pola asuh, maka akan menyebabkan anak berisiko stunting. 

Kejadian stunting dapat dipengaruhi dari masa kehamilan ibu yaitu seperti karakteristik atau keadaan ibu, riwayat gizi ibu, dan tinggi badan merupakan faktor genetika yang menyebabkan anak menjadi stunting. Kejadian balita pendek di Desa Tanjungrejo memiliki kasus tertinggi se-Kecamatan Nguter. Hal tersebut, menjadi latar belakang dari kegiatan yang dilakukan dengan memberikan edukasi terkait pola asuh seperti Inisiasi Menyusui Dini (IMD), ASI Eksklusif selama 6 bulan, MPASI sesuai usia dan persiapan lahiran. 
 
Kegiatan pemberian edukasi ini dilakukan pada hari Minggu 21 Januari 2024 bertempatan di Balai Desa Tanjungrejo Sukoharjo. Kegiatan ini ditujukan pada ibu hamil di Desa Tanjungrejo, Sukoharjo. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan sekaligus memberikan motivasi kepada orang tua terkait pola asuh yang baik untuk calon bayinya sehinggga dapat mencegah terjadinya stunting. Selain diberikan edukasi secara langsung dengan media bantuan berupa leaflet, juga dilakukan konseling dan tanya jawab sehingga kegiatan dapat dilakukan secara dua arah dan ibu hamil dapat memahami secara baik materi yang disampaikan. 

Selain dihadiri oleh ibu hamil, kegiatan pemberian edukasi dan konseling ini juga dihadiri oleh kader kesehatan dan ibu bidan Desa Tanjungrejo. Pelaksanaan kegiatan pemberian edukasi dan pendampingan pada kelas ibu hamil berjalan dengan lancar dan mendapatkan respon positif dari peserta yang menghadiri. 



Penulis: 
Aisha Farah Azizah -FK


Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..