Mahasiswa KKN UNDIP Memberikan Edukasi Terkait Gizi Seimbang dan Penerapan Bekal Sesuai Isi Piringku - Comedy and Indie

Selasa, 13 Februari 2024

Mahasiswa KKN UNDIP Memberikan Edukasi Terkait Gizi Seimbang dan Penerapan Bekal Sesuai Isi Piringku




Loetju.idTanjungrejo (20/01/2024) - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) TIM 1 Universitas Diponegoro (UNDIP) 2023/2024 yang berada di Desa Tanjungrejo melakukan edukasi pengenalan terkait pengganti 4 sehat 5 sempurna menjadi gizi seimbang. Diperlukannya pengenalan sejak dini terkait pentingnya konsumsi makanan yang sesuai dengan gizi seimbang dengan memperhatikan jumlah porsi setiap makanan untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan di masa yang akan datang. 

Anak sekolah akan mengalami pertumbuhan fisik, kecerdasan dan emosional yang cepat. Makanan yang sesuai dengan gizi seimbang secara teratur akan menjamin terpenuhinya kebutuhan tubuh untuk anak. Hal tersebut akan berdampak  anak akan tumbuh dengan sehat, berkonsentrasi saat belajar dan mencegah terjadinya masalah gizi. Oleh karena itu, mahasiswa KKN memberikan edukasi terkait gizi seimbang dan penerapannya Isi Piringku


Program ini dilakukan dengan pengenalan terkait pengertian gizi seimbang, komponen yang perlu dikonsumsi setiap  makan, dan menerapkan 10 pesan gizi seimbang seperti makan makanan bergizi seimbang dan bervariasi, makanan tinggi protein, minum air putih yang bersih dalam jumlah cukup (6-8 gelas setiap hari), membatasai konsumsi gula, garam dan lemak, mencuci tangan pakai sabun mengalir selama 60 detik, banyak mengonsumsi sayur dan buah, rutin beraktivitas fisik dan menjaga berat badan, membiasakan sarapan setiap hari, selalu membaca label makanan, menikmati dan bersyukur atas makanan yang kita makan.
 

Program ini dilaksanakan di 2 SD Desa Tanjungrejo yaitu SD Tanjungrejo 1 pada tanggal 20 Januari 2024 dan di SD Tanjungrejo 2 pada tanggal 26 Januari 2024. Kegiatan ini ditujukan pada anak SD dan ibu Guru di SDN Tanjungrejo Sukoharjo. Selain diberikan edukasi dengan media poster dan powerpoint , juga diberikan quiz yang menarik dan pengecekan bekal sesuai isi piringku. Pelaksanaan dalam program edukasi gizi seimbang mendapatkan respon positif dan antusias yang tinggi dari guru dan siswa SDN Tanjungrejo.




Penulis: 
Aisha Farah Azizah - FK

Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..