Yuk Mulai Menabung! Mahasiswa KKN UNDIP Mengajak Siswa/I SDN Ketoyan Menabung Menggunakan Celengan Target - Comedy and Indie

Rabu, 14 Februari 2024

Yuk Mulai Menabung! Mahasiswa KKN UNDIP Mengajak Siswa/I SDN Ketoyan Menabung Menggunakan Celengan Target

 



Loetju.idDesa Ketoyan (23/01/24) - Menabung merupakan kegiatan yang sudah tidak asing kita dengar. Menabung merupakan kegiatan menyisihkan uang yang dimiliki untuk mencapai suatu tujuan atau target. Penting untuk selalu mengajarkan menabung pada anak-anak sejak usia dini. Selain untuk membangun kegiatan yang positif, menabung juga mengajarkan anak untuk tumbuh menjadi pribadi yang disiplin dan mandiri.

Dalam Kegiatan KKN TIM I UNDIP Tahun 2024, salah satu program monodisiplin mahasiswa KKN berjudul “Sosialisasi Menabung Sejak Dini”. Program ini dilandaskan atas permasalahan terkait pentingnya pengelolaan keuangan sejak usia dini. Harapannya, anak-anak dapat bertanggung jawab dan bijaksana ketika menginginkan suatu hal atau barang.

Program ini dilaksanakan di SD Negeri Ketoyan dengan target utama siswa-siswi kelas 3 pada hari Selasa, 23 Januari 2024. Program ini diawali dengan penayangan video animasi terkait menabung. Lalu, dilanjutkan dengan sesi pemaparan materi tentang pengertian menabung, manfaat menabung, dan bagaimana cara untuk menabung. Terakhir, program ini ditutup dengan pembagian hadiah berupa celengan target, sebagai bentuk praktik dari sosialisasi yang telah diberikan.

Selama sosialisasi berlangsung, siswa-siswi sangat aktif dan kooperatif. Mereka antusias untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan. Kegiatan sosialisasi ini juga sepenuhnya didukung oleh pihak sekolah. Harapannya, semoga dengan adanya sosialisasi ini dapat menumbuhkan kebiasaan menabung secara berkelanjutan pada siswa-siswi SD Negeri Ketoyan.



Penulis:
Andrea Alamsyah

Fakultas / Prodi: 
Fakultas Ekonomika dan Bisnis / Akuntansi

Dosen Pembimbing Lapangan: 
Ulfah Amalia., S.Pi., M.Si., Ph.D

Lokasi: 
SD Negeri Ketoyan, Desa Ketoyan, Kecamatan Wonosegoro, Kabupaten Boyolali

KKN TIM I UNDIP Tahun 2023/2024

Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..