Mahasiswa KKN TIM I Undip Adakan Edukasi Maket kepada Siswa Kelas 5 SDN 1 Nguter dari Sampah Rumahan - Comedy and Indie

Selasa, 06 Februari 2024

Mahasiswa KKN TIM I Undip Adakan Edukasi Maket kepada Siswa Kelas 5 SDN 1 Nguter dari Sampah Rumahan

 


Loetju.id Sukoharjo (19/01/34) – Mahasiswa-mahasiswa KKN TIM I Universitas Diponegoro 2024 melaksanakan kegiatan edukasi kepada siswa-siswa kelas V SDN 1 Nguter, Sukoharjo mengenai maket (miniature) berbahandasar sampah rumahan. Kegiatan diawali dengan perkenalan Mahasiswa-mahasiswa KKN TIM I Universitas Diponegoro 2024 kepada pihak sekolah diwakili oleh Kepala Sekolah beserta beberapa Wali Kelas. Selanjutnya mahasiswa-mahasiswa KKN menjalin kesepakatan dan kerjasa terkait waktu dan pelaksanaan kegiatan edukasi.

Pada jeda waktu antara perkenalan dan pelaksanaan edukasi, mahasiswa mempersiapakan kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan untuk kegiatan edukasi nantinya. Persiapan diawali dengan pengumpulan sampah yang akan menjadi bahan maket berupa kardus-kardus yang tidak terpakai dari lingkungan sekitar. Kemudian setelah pengumbulan bahan maket, mahsiswa mensimulasikan pembuatan maket agar nantinya bisa menjadi percontohan dalam kegiatan edukasi. Selanjutnya mahasiswa menyiapkan bahan materi yang akan disampaikan pada kegiatan edukasi.

Edukasi dilaksanakan pada hari Jum’at, 19 Januari 2024 di SDN 1 Nguter, Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Kegiatan diawali dengan pengenalan singkat mengenai dunia arsitektur berupa apa itu arsitektur, ap aitu arsitek, nilai-nilai dasar dalam arsitektur (fungsi, kekuatan & keindahan), bentuk (titik, garis, bidang & ruang). Setelah pengenalah singkat mengenai dunia arsitektur siswa diajarkan teknik membuat garis yang efektif serta langsung di praktikkan dengan menggambar sesuai minat siswa-siswa. Setelah kegiatan menggambar, siswa baru mulai kegiatan pembuatan maket.

 
Sebelum pembuatan maket dimulai, siswa-siswa dipresentasikan tentang maket dan objek yang akan dijadikan maket, berupa redesain terminal Mangkang, Semarang yang merupakan produk tugas semester gasal 2023 dari salah satu mahasiswa KKN TIM I Universitas Diponegoro 2024. Pada sesi ini siswa dikenahkan apa itu maket, apa fungsi maket dalam dunia arsitektur, dan penggunaan maket diluar lingkup arsitektur. 

Selanjutnya siswa dikenalkan tentang gambar-gambar teknik berupa denah, gambar potongan, gambar tampah, gambar site plan, serta gambar isometrik. Materi yang disampaikan berupa power point dan menggunakan google mencari contoh-contoh sederhana. Sesi akhir kegiatan adalah pembuatan maket oleh siswa-siswa kelas V SDN 1 Nguter. Pembuatan maket dibagi menjadi 2 kelompok sebagai upaya terbentuknya lingkungan kompetitif.kegiatan edukasi ditutup dengan pemberian penghargaan bagi siswa-siswa dengan karya menggambar terindah.  

 
Harapannya dari kegiatan edukasi ini dapat menumbuhkan perhatian siswa akan sampah dan upaya pengolahan sampah, salah satunya dengan membuat karya seni berupa maket. Selain itu dengan adanya kegiatan ini diharakan bisa meningkatkan kreatifisan siswa dalam berkarya serta memberi wawasan terkait dunia arsitektur. Dan semoga dengan adanaya kegiatan ini bisa memberi sedikit gambaran tentang jenjang pendidikan atau profesi bagi siswa-siswa di masa depan.



Penulis:
Aim Tashrif


Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..