Edukasi Mengenai Keamanan Pangan ke Siswa SD N Sambiroto 2, Mahasiswa Undip Gunakan Jargon: Jajanan Sehat, Tubuh Kuat, Belajar Jadi Giat! - Comedy and Indie

Minggu, 17 Desember 2023

Edukasi Mengenai Keamanan Pangan ke Siswa SD N Sambiroto 2, Mahasiswa Undip Gunakan Jargon: Jajanan Sehat, Tubuh Kuat, Belajar Jadi Giat!



Loetju.id -  (20/11/2023) Siswa sekolah dasar (SD) merupakan anak-anak yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Salah satunya mengenai makanan. Siswa SD biasanya sangat suka membeli jajan, apalagi ketika berbagai jenis jajanan dapat mudah dijangkau oleh siswa SD.  Pada saat jam pulang sekolah, SD N Sambiroto 2 dipenuhi oleh pedagang asongan yang menjajakan berbagai jenis jajanan. Oleh karena itu, siswa SD harus memiliki pengetahuan dan dapat membedakan jajanan yang aman dan sehat untuk dikonsumsi.

Jajanan yang sehat adalah jajanan yang bersih saat pengolahan dan penyajian, tidak mengandung bakteri, dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Bahan kimia berbahaya merupakan bahan-bahan tambahan pangan yang dilarang tetapi tetap digunakan. Bahan kimia berbahaya yang biasanya digunakan adalah formalin untuk pengawet, boraks untuk pengenyal, dan rhodamin B untuk pewarna. 

Bahan kimia berbahaya ini dapat menyebabkan berbagai penyakit dan memiliki efek yang berbahaya bagi kesehatan. Karena permasalahan ini, Mahasiswa berinovasi untuk membuat program edukasi mengenai “Tips Memilih Jajanan Aman Tanpa Bahan Kimia Berbahaya”. 

Program edukasi dilakukan pada 20 November 2023 di salah satu ruang kelas SD N Sambiroto 2 dengan sasaran kelas 3 SD.  Edukasi dikemas sesuai dengan karakteristik anak-anak yang ceria dan gemar bermain. 

Edukasi meliputi materi, video, dan games berhadiah yang berhasil menambah antusiasme dari siswa. Materi dan video yang disampaikan yaitu gambaran umum mengenai jajanan, jenis jajanan, ciri jajanan yang tidak sehat, tips memilih jajanan yang aman, serta ciri-ciri makanan yang mengandung bahan kimia berbahaya. 

Setiap materi dapat dipahami dengan baik oleh siswa serta siswa mampu berdiskusi dan menjawab pertanyaan. Setelah program edukasi selesai, Mahasiswa membagikan booklet agar siswa dapat terus membaca dan mengingat materi mengenai jajanan aman dan sehat serta dapat mengamalkannya di kehidupan sehari-hari agar terhindar dari berbagai penyakit akibat jajanan yang tidak sehat atau tidak aman. 



Penulis: Raihan Dafa Yanandra

Editor: Achmad Munandar

Lokasi KKN: Kelurahan Sambiroto, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang

DPL: Nissa Kusariana, S.KM., M.Si. dan Triyono, S.H., M.Kn

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..