Komika Indra Frimawan Mengumumkan Hiatus Dari Dunia Stand Up Comedy - Comedy and Indie

Sabtu, 16 Desember 2023

Komika Indra Frimawan Mengumumkan Hiatus Dari Dunia Stand Up Comedy

 


Loetju.id - Hari ini tanggal 16 Desember 2023 jam 13.17 WIB lewat akun twitter/X nya, komika Indra Frimawan mengumumkan hiatus dari dunia stand up comedy. Dalam status yang berbentuk screenshot postingan dari Instagram dia menyampaikan terima kasih untuk teman-teman, penikmat karyanya selama 10 tahun terakhir.

"Ini keputusan paling berani yang saya ambil, karena per-hari ini (Sabtu 12 Desember 2023) saya akan hiatus dulu dari dunia komedi entah berapa lama, untuk memulai petualangan baru dalam hidup saya" tulisnya dalam caption instagram @frimawan_.

"Terlalu panjang jika saya jelaskan di caption, tapi poinnya saya siap untuk memulai lagi dari nol. Sekali lagi terima kasuh semuanya. Sampai bertemu lagi dengan Frimawan 2.0" lanjutnya.

Belum jelas petualangan baru dan Frimawan versi 2.0 bakal seperti apa, tapi mari kita hargai keputusannya dan berikan support selalu.

Sebagai informasi Indra Frimawan merupakan alumni SUCI 5 Kompas Tv dengan persona komedi yang absurd. Sempat jarang tampil beberapa saat setelah kompetisi ia kembali hadir dengan obrolan-obrolan absurd di channel youtubenya, dikemudian hari oleh Vindes dijadikan konten bernama Namanya Juga Orang diduetkan dengan Rigen Rakelna dan beberapa kali menghadirkan bintang tamu.

Memiliki nama asli Nathanael Indra Frimawan, ia lahir pada tanggal 13 Mei 1991 adalah seorang pelawak tunggal dan aktor Indonesia. Indra tergabung dalam komunitas Stand Up Indo Jakarta Barat sejak tahun 2013. Indra adalah peserta Liga Komunitas Stand Up Kompas TV bersama komunitasnya tersebut. Dalam kompetisi ini, dia berhasil mencapai babak grand final. Setelah itu, Indra juga menjadi salah satu kontestan Stand Up Comedy Indonesia Kompas TV pada musim ke-5 (SUCI 5) tahun 2015 dan berhasil memperoleh juara ketiga. Komedi yang dibawakan Indra bertipe one liner, yakni cukup sepatah-dua patah frasa yang diucapkan tetapi mampu mengundang gelak tawa.

Indra sejak 2013 sudah aktif open mic bersama komunitasnya dan sering diundang tampil stand up comedy di salah satu TV swasta. Namanya mulai dikenal ketika membawa tim komunitas Stand Up Indo Jakarta Barat mencapai grand final Liga Komunitas Stand Up yang diadakan oleh Kompas TV tahun 2014. Namun Indra bersama tiga temannya, Erwin, Kikoy, dan Dicky harus puas menjadi runner up karena kalah poin dari Stand Up Indo Medan.

Meskipun begitu, Indra tidak patah semangat dan pada tahun 2015 Indra berhasil lolos sebagai salah satu finalis Stand Up Comedy Indonesia Kompas TV season 5 atau SUCI 5. Dalam kompetisi tersebut, Indra juga berkompetisi dengan tiga teman satu komunitasnya yaitu Dicky, Afif, dan Rigen. Selain pembawaan materinya yang absurd, terkadang Indra menampilkan beberapa trik sulap sederhana seperti sulap kartu dan kipas salju.

Indra dengan karakter absurd nya ini berhasil menembus grand final SUCI 5 bersama Rigen teman sekomunitasnya, dan Rahmet finalis dari Stand Up Indo Jakarta Timur. 

Meskipun di putaran awal performanya bisa dibilang kurang maksimal dari kedua pesaingnya, Indra tetap memperoleh juara 3. Prestasinya ini menyamai Kemal Pahlevi dan Fico Fachriza sebagai komika absurd yang minimal mampu mencapai 3 besar SUCI Kompas TV. Selain itu, Indra juga dinobatkan sebagai Komika Persahabatan SUCI 5, melanjutkan gelar yang diperoleh Hifdzi Khoir di SUCI 4 sebelumnya.

Indra Frimawan membawakan tipe komedi one liner yang artinya cukup sepatah dua patah frasa yang diucapkan sudah mampu mengundang tawa, serta didukung gaya deadpan atau wajah tanpa ekspresi nya. Karena untuk materi bertipe one liner, penulisan materinya membutuhkan perhatian lebih. Karena kelebihannya ini, materi Indra bisa dibilang absurd dan tak dapat ditebak seperti halnya Kemal Palevi dan Fico Fachriza.

Contoh lawakan yang diangkat Indra:

"Gue badboy, tetapi kalo deket cewek gue lemah syahwat. Kalo ada cewek ngomong, gue diem aja. Orang gak diajak ngomong. Udah diajak ngomong tetapi tetep diem aja, orang dia ngajak ngomong orang lain. Gue udah diajak ngomong tetep diem aja, orang dia ngomong pake bahasa Yunani, gua gak ngerti."

Adapun contoh lain ketika tampil di Grand Final Liga Komunitas Stand Up menghadapi Lolox:

"Lolox. Lolox gue gue (maksudnya lo-lo gue-gue). Lolox ini pacarnya cantik. Pacarnya mirip barbie. Saking miripnya sama barbie, mungkin barbienya pala (baca:kepala) bisa dicopot. Ganti pala RX King."

Indra menganut agama Katolik, mengikuti agama ibunya, sedangkan ayahnya beragama Islam. Terkait perbedaan keyakinan ini, Indra mengatakan bahwa keluarganya tetap rukun.

Daftar film yang pernah Indra Frimawan bintangi:

1. Get Up Stand Up (2016)

2. Kuyup (2020) - film pendek


Indra juga tampil di banyak acara televisi, diantaranya:

1. Stand Up Comedy Show (Metro TV)

2. SUPER (Kompas TV)

3. Liga Komunitas Stand Up Kompas TV sebagai peserta perwakilan Stand Up Indo Jakarta Barat bersama Dicky Difie, Erwin, dan Kikoy

4. Stand Up Comedy Indonesia (Kompas TV) sebagai juara ketiga pada tahun 2015 dan bintang tamu pada tahun 2022

5. Combreak (Kompas TV)

6. Stand Up Everywhere (RCTI)

7. Duel Super (Trans7)

8. Super Tawa (Trans7)

9. Stand Up Comedy Academy (Indosiar) sebagai bintang tamu
Aksi Bela Tawa (MNC TV)

10. Celebrity Trofeo Cup 2023 (SCTV) sebagai peserta bersama klub Standupindo FC

Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Indra_Frimawan 


Read english news at Nesianetwork.id





Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..