Portal Virtual Wisata, Budaya, dan UMKM Melalui Website Interaktif, Pembuatan Website Interaktif Oleh Mahasiswa KKN Tim 1 Universitas Diponegoro 2024 - Comedy and Indie

Rabu, 07 Februari 2024

Portal Virtual Wisata, Budaya, dan UMKM Melalui Website Interaktif, Pembuatan Website Interaktif Oleh Mahasiswa KKN Tim 1 Universitas Diponegoro 2024



Loetju.idSebuah terobosan baru telah dilakukan oleh Tim 1 Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro yang ditempatkan di Desa Cikendung, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang. Mereka telah berhasil menciptakan sebuah website bertajuk "Branding Wisata, Budaya, dan UMKM Desa Cikendung".
 

Inisiatif ini muncul dari kesadaran akan potensi besar yang dimiliki Desa Cikendung namun belum terpublikasi dengan baik. Objek wisata, kekayaan budaya, dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di desa ini memiliki daya tarik yang luar biasa, namun belum dimanfaatkan secara maksimal. Untuk mengatasi hal ini, Tim KKN merancang sebuah Portal Web yang bertujuan untuk memperkenalkan secara menyeluruh potensi wisata, budaya, dan UMKM Desa Cikendung kepada masyarakat luas.
 

Sebelum website ini dibuat, dilakukan survei lapangan yang menyeluruh terhadap pelaku budaya, tempat wisata, dan UMKM di Desa Cikendung. Hasil dari survei ini menjadi dasar dalam pengembangan website, yang kemudian diintegrasikan dengan Sistem Informasi Geografis (SIG). Integrasi ini memungkinkan informasi yang disajikan tidak hanya berupa deskripsi, tetapi juga data spasial. Pengunjung dapat dengan mudah melihat secara virtual keindahan dan kekayaan Desa Cikendung melalui peta interaktif yang tersedia.
 

Website Wisata, Budaya, dan UMKM Desa Cikendung menyuguhkan pengenalan umum tentang kondisi desa, dilengkapi dengan peta interaktif yang memudahkan navigasi. Selain itu, pengunjung juga diajak untuk menjelajahi keberagaman budaya yang kaya di Desa Cikendung. Mereka dapat menikmati keindahan alam secara virtual melalui peta 3D wisata yang tersedia, serta mengikuti tur melalui peta untuk mengenal lebih dekat UMKM Desa Cikendung. Tidak hanya itu, website ini juga menyediakan kajian iklim yang mendalam, memperkaya informasi yang disajikan.

Website ini dapat diakses melalui laman bit.ly/webbrandingcikendung. Penyerahan website kepada Pemerintah Desa dilakukan pada hari Jumat, 1 Februari 2024. Harapan dari inisiatif ini adalah agar masyarakat luas dan para investor dapat lebih mengenal serta turut berpartisipasi dalam pengembangan ekonomi Desa Cikendung.

Dengan adanya website ini, diharapkan Desa Cikendung dapat membuka peluang baru dan menarik minat investasi yang dapat membantu pertumbuhan ekonomi serta memperkuat keberlangsungan budaya dan keindahan alam yang dimilikinya.



Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..