Mahasiswa KKN TIM 1 UNDIP Melakukan Edukasi Upaya Pencegahan Stunting: Mahasiswa KKN UNDIP Menyebarkan Edukasi di Desa Cikendung, Kecamatan Pulosari - Comedy and Indie

Rabu, 07 Februari 2024

Mahasiswa KKN TIM 1 UNDIP Melakukan Edukasi Upaya Pencegahan Stunting: Mahasiswa KKN UNDIP Menyebarkan Edukasi di Desa Cikendung, Kecamatan Pulosari



Loetju.idCikendung (02/02/2024) - Desa Cikendung menjadi fokus penanganan stunting yang mendapat perhatian dari pemerintah Kabupaten Pemalang. Dalam upaya menyeluruh untuk mengurangi angka stunting, Tim 1 KKN Desa Cikendung intensif melakukan kegiatan edukasi pencegahan stunting, dengan sasaran utama meliputi ibu yang memiliki remaja, ibu hamil, ibu menyusui, dan balita. Kegiatan tersebut mencakup edukasi mengenali stunting sejak dini sebagai langkah strategis untuk menangani masalah stunting.

Stunting tetap menjadi permasalahan kesehatan yang signifikan di Indonesia dan menjadi isu prioritas nasional. Stunting merupakan gangguan pertumbuhan pada balita yang disebabkan oleh tidak cukupnya asupan ASI, pola makan yang tidak seimbang, kekurangan asupan gizi dalam jangka waktu yang lama, terutama pada 1,000 hari pertama kehidupan. Dampak dari stunting melibatkan kurangnya perkembangan optimal pada otak anak, sehingga berdampak negatif pada kemampuan belajar anak di masa mendatang. Peran orang tua, terutama pengetahuan ibu, memiliki peran besar dalam mengatasi angka stunting pada balita.


Observasi menunjukkan bahwa masih banyak calon ibu dan ibu balita yang kurang memiliki pengetahuan tentang stunting dan cara penanggulangannya. Oleh karena itu, perlu adanya tindak lanjut agar deteksi dan penanganan stunting di Desa Cikendung dapat dilakukan secara optimal. Melalui kegiatan ini, mahasiswa KKN UNDIP berusaha memberikan edukasi kepada calon ibu, ibu yang memiliki remaja, ibu hamil, ibu menyusui, dan balita di Desa Cikendung mengenai masalah stunting.

Program ini dilaksanakan pada tanggal 26 Januari 2024 dengan menyampaikan edukasi tentang stunting melalui media poster. Poster tersebut memberikan gambaran komprehensif tentang stunting, mencakup definisi, faktor penyebab, dampak pada pertumbuhan, ciri-ciri anak stunting, upaya pencegahan, dan kapan sebaiknya berkonsultasi dengan dokter. 
Edukasi ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan ibu-ibu dan menciptakan kesadaran bahwa pencegahan stunting memegang peranan penting serta tidak boleh diabaikan, mengingat manfaat besar yang diperoleh dalam pemantauan tumbuh kembang anak dan deteksi dini potensi stunting.



Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..