Pendampingan Penggunaan Aplikasi JKN Mobile dan layanan Whatsapp Chika & Pandawa untuk Digitalisasi Pelayanan Balai Desa - Comedy and Indie

Minggu, 18 Februari 2024

Pendampingan Penggunaan Aplikasi JKN Mobile dan layanan Whatsapp Chika & Pandawa untuk Digitalisasi Pelayanan Balai Desa

 






Loetju.idProgram Kerja yang dilakukan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim I UNDIP 2023/2024 di Desa Tanjungrejo Kecamatan Nguter adalah melatih perangkat Balai Desa Tanjungrejo untuk menggunakan aplikasi JKN Mobile dan Kontak Whatsapp layanan BPJS Kesehatan bernama Chika & Pandawa. Hal ini dilakukan dengan melakukan edukasi serta praktik langsung kepada beberapa perangkat desa serta beberapa warga yang ikut serta dalam demonstrasi aplikasi dan layanan kesehatan tersebut. 

Ada beberapa permasalahan yang sering dikeluhkan oleh warga Desa Tanjungrejo yang terkait dengan fasilitas kesehatan. Beberapa diantaranya yang paling umum yaitu tidak aktifnya BPJS Kesehatan saat ingin digunakan, kebingungan serta kekesalan warga dalam pengaktifan kembali BPJS Kesehatan, dan antrian layanan kesehatan yang terlalu lama walaupun sudah mengambil nomor antrian di tempat fasilitas kesehatan. Keluhan-keluhan ini pada umumnya mendorong masyarakat untuk meminta bantuan kepada para perangkat di balai desa.
 
Perkembangan zaman dan teknologi yang ada memungkinkan berbagai permasalahan kebutuhan masyarakat untuk terpenuhi serta diselesaikan secara mudah dengan akses online, tidak terkecuali dalam perihal pelayanan kesehatan. Walaupun begitu, Balai Desa Tanjungrejo secara umum masih menggunakan serta memberikan solusi dengan metode offline dalam pelayanannya. Program Kerja mahasiswa KKN UNDIP ini bertujuan untuk memodernisasi pelayanan yang diberikan oleh Balai Desa Tanjungrejo kepada para warganya, agar solusi yang diterima oleh warga lebih efektif dan efisien.

Dalam kegiatan edukasi dan demonstrasinya, aplikasi JKN Mobile dan Layanan Whatsapp Chika & Pandawa digunakan untuk melihat kondisi aktif tidaknya status BPJS Kesehatan, pengaktifan kembali status BPJS Kesehatan yang sudah tidak aktif, serta cara mendapatkan antrian untuk mendapatkan layanan kesehatan. Tanjungrejo, Sukoharjo, 24/01/2024.





Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..