Edukasi Serta Pendampingan KWT Untuk Melakukan Bisnis dengan Membuat Manisan Pepaya - Comedy and Indie

Minggu, 18 Februari 2024

Edukasi Serta Pendampingan KWT Untuk Melakukan Bisnis dengan Membuat Manisan Pepaya






Loetju.id - Mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) Tim 1 Universitas Diponegoro Desa Tanjungrejo melakukan pendampingan bagi Kelompok Wanita Tani untuk melakukan usaha bisnis dengan membuat produk manisan dari buah pepaya. Tujuan dari program ini adalah untuk meningkakan jiwa kewirausahaan para anggota KWT Desa Tanjungrejo, serta memanfaatkan kelimpahan buah-buahan yang berada di perkebunan Desa Tanjungrejo dengan lebih maksimal.

Kegiatan edukasi serta pendampingan ini dilakukan pertama-tama dengan mempraktikkan bagaimana cara pembuatan manisan pepaya oleh Mahasiswa Tim KKN Undip. Dari proses demonstrasi tersebut, para anggota KWT sudah dapat membuat manisan pepaya dengan mandiri, bahkan memodifikasi manisan pepaya dengan proporsi bahan yang sesuai dengan selera mereka dan masyarakat lain. Setelah pendampingan pembuatan manisan tersebut, mahasiswa melakukan edukasi kepada KWT tentang bagaimana cara melakukan bisnis dengan produk manisan pepaya ini, mulai dengan modal yang dibutuhkan, desain produk, sampai ke pemasaran dari produk.

Hasil dari program ini adalah produk manisan yang memiliki nama “Manisan Legirejo”. Produk “Manisan Legirejo” ini dikemas dengan standing pouch, yang dilengkapi dengan logo yang lucu dan slogan “Ora Legi, Ora Bejo”. Produk “Manisan Legirejo” ini hanya terdiri dari manisan pepaya saja untuk saat ini, namun para anggota KWT tentunya akan berinovasi dan membuat produk-produk manisan dengan buah-buahan yang lain. Tanjungrejo, Sukoharjo, 27/01/2024.



Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..