Mahasiswa KKN UNDIP Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Pendampingan Brand Awareness pada UMKM - Comedy and Indie

Kamis, 08 Februari 2024

Mahasiswa KKN UNDIP Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Pendampingan Brand Awareness pada UMKM



Loetju.idLawu, (09/02/2024) – Saat ini pelaku usaha menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat, maka diperlukan dorongan setiap usaha khususnya Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki identitas yang unik untuk menarik perhatian konsumen. Program kerja ini muncul karena minimnya pengetahuan masyarakat di Desa Lawu sebagai pelaku UMKM tentang pentingnya branding dalam pemasaran produk mereka. Sebagian besar UMKM di Desa Lawu belum mengembangkan branding yang memadai, terutama dalam aspek pengembangan merek melalui desain visual, nama usaha, dan logo yang menarik.
 
Program pendampingan ini disusun untuk memberikan pemahaman kepada UMKM di Desa Lawu tentang pentingnya branding produk. Tujuannya adalah agar produk dari UMKM tersebut dapat dikenal dengan mudah oleh konsumen yang pada akhirnya akan meningkatkan penjualan. Kegiatan branding melibatkan pembuatan logo dan perbaikan kemasan produk. Manfaat dari upaya branding ini mencakup daya tarik bagi konsumen, mempermudah UMKM dalam membangun loyalitas pelanggan, serta menciptakan keunikan label produk di tengah persaingan yang semakin ketat. 

Pelaksanaan program dimulai dengan pembuatan poster yang menjelaskan konsep branding secara sederhana kepada UMKM. Langkah berikutnya adalah pendampingan secara langsung ke UMKM, membantu mereka dalam menciptakan logo, dan memperbaiki kemasan produk untuk meningkatkan daya tarik dan daya kenal bagi calon konsumen. 

Pelaku UMKM memberikan respons positif terhadap program ini, seperti yang disampaikan oleh Ibu Atiek selaku Pelaku UMKM Kerupuk Karak “Kegiatan pendampingan ini sangat membantu usaha saya, karena dengan pendampingan ini saya dapat mengetahui pentingnya label kemasan produk untuk usaha saya”. 
 

Dengan demikian, diharapkan penerapan konsep branding pada UMKM di Desa Lawu dapat mendukung kegiatan pemasaran produk, memudahkan pengenalan oleh konsumen, dan dapat meningkatkan penjualan.




Penulis: 
Sindy Af’idatul Azkiyah

Jurusan/Fakultas: 
Manajemen dan Administrasi Logistik/ Sekolah Vokasi

Dosen Pembimbing
- Ir. Daud Samsudewa, S.Pt., M.Si., Ph.D., IPM.
- Asep Muhamad Samsudin, S.T., M.T.
- Dr. Dra. Nurhayati M.Si.

Lokasi: 
Desa Lawu, Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo

Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..