Jangglengan Semakin Jaya: Mahasiswa KKN UNDIP TIM I Tahun 2023/2024 adakan Pendampingan sebagai Upaya Pengoptimalisasian BUMdes dan Pelaku UMKM Desa Wisata Jangglengan - Comedy and Indie

Kamis, 08 Februari 2024

Jangglengan Semakin Jaya: Mahasiswa KKN UNDIP TIM I Tahun 2023/2024 adakan Pendampingan sebagai Upaya Pengoptimalisasian BUMdes dan Pelaku UMKM Desa Wisata Jangglengan

 
Foto bersama Pengurus BUMDES dan pelaku UMKM

Loetju.idKKN Universitas Diponegoro adakan pendampingan sebagai Upaya pengoptimalisasian BUMdes dan UMKM di Desa Jangglengan, Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah pada tanggal 6 Februari 2024 yang dihadiri oleh pengurus BUMdes dan Pelaku UMKM yang bertempat di Balai Desa Jangglengan.

BUMDes adalah badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh Desa melalu penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan Desa yang dipisahkan guna mengelola aset, jasa pelayanan, dan usaha lainnya untuk sebesar besarnya kesejahteraan masyarakat Desa. Sedangkan, UMKM adalah singkatan dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Istilah ini merujuk pada sektor bisnis yang mencakup usaha dengan skala kecil hingga menengah, baik dari segi jumlah karyawan, omset, maupun aset. UMKM merupakan pilar terpenting perekonomian Indonesia. Pernyataan tersebut berasal dari Kementerian Perekonomian Republik Indonesia.

Untuk menghadapi berbagai kendala dan tantangan diera digital revolution 4.0 untuk peningkatan ekonomi desa maupun ekonomi pribadi, mahasiswa Universitas Diponegoro yang sedang melaksanakan KKN di Desa Jangglengan dengan melakukan pendampingan sebagai Upaya optimalisasi BUMdes dan UMKM sebagai program multidisiplin. 

Kegiatan multidisplin ini terdiri dari 3 fakultas yaitu Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, dan Fakultas Teknik. Di Mulai dari cara perizinan UMKM menggunakan website OSS yang menyesuaikan resiko usahanya yang di paparkan oleh A. Muh. Irfan Darmawan dari Fakultas Hukum. Kemudian digital marketing yang dipaparkan oleh Aulia Hamidah Haryono dari Fakultas Ekonomi dengan materi branding BUMdes termasuk wisata di Jangglengan dan UMKM  dengan berbagai metode, seperti : menggunakan media sosial, endorsment dan berbagai platform pendukung. Untuk pemaparan materi terakhir di paparkan oleh Hilda Agustina dari Fakultas Teknik dengan membawa materi tentang penitikan sekaligus pembaharuan titik lokasi wisata di Jangglengan sebagai bagian dari BUMdes dan UMKM sebagai media promosi dan marketing untuk BUMdes untuk wisata didesa Jangglengan dan UMKM desa.
 








Pemaparan dari A. Muh Irfan
 

Pemaparan dari Aulia Hammidah

 
Pemaparan dari Hilda Agustina

Selama melakukan kegiatan pendampingan tersebut, mereka menyambut dengan positif program yang dibawakan dan diharapkan dapat membantu juga mengembangkan tempat usaha mereka.

Poster Optimalisasi BUMDes dan UMKM


Penulis :
- Hilda Agustina  (Mahasiswi Teknik Geodesi)
- Aulia Hammidah Haryono (Mahasiswi Ilmu Ekonomi)
- A.Muh.Irfan Darmawan (Mahasiswa Ilmu Hukum)

Dosen Pembimbing:
Dr. Dra. Nurhayati, M,Si

Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..