Mahasiswa KKN TIM 1 UNDIP Membantu Pelaku Usaha UMKM di Kelurahan Sonorejo Dalam Membuat Nomor Induk Berusaha Melalui OSS (Online Single Submission) - Comedy and Indie

Sabtu, 17 Februari 2024

Mahasiswa KKN TIM 1 UNDIP Membantu Pelaku Usaha UMKM di Kelurahan Sonorejo Dalam Membuat Nomor Induk Berusaha Melalui OSS (Online Single Submission)

 

Loetju.id - Sonorejo, Sukoharjo (21/01/2024) - Kelurahan Sonorejo mempunyai wilayah yang cukup terkenal akan kerajinan wayang kulit dan kaligrafi dari kulit kambing, wilayah Sonorejo memiliki potensial khususnya bagi pelaku usaha UMKMnya. 

Kelurahan Sonorejo terdiri dari beberapa kampung, diantaranya Cebukan, Gabahan, Gedong, Jomblang, Kayen, Langsur, Ngiser, Ngunut, Sayemrejo, dan Sonorejo.Mata pecaharian didominasi oleh petani dan pegiat UMKM ukir serta tatah sungging pembuatan wayang.Satu dasawarsa yang lalu, selain sebagai petani, penduduk Sonorejo sebagian besar menjadi pengrajin kulit, dengan produk wayang kulit untuk hiasan maupun wayang kulit untuk pertunjukan. 

Hingga saat ini, pekerjaan ini masih ditekuni oleh beberapa masyarakat desa Sonorejo. Beberapa sanggar wayang masih menjalankan usahanya, diantaranya, Sanggar Wayang Sri Wahono, Sanggar Wayang orang Mursito, Sanggar Wayang Sunardi, Sanggar Wayang Marwanto, dan masih banyak lagi.

Sebagai mahasiswa hukum sudah sepatutnya membantu meningkatkan kesadaran hukum dalam bermasyarakat. Mengingat hal tersebut, Mahasiswa KKN TIM II UNDIP 2022 mengajak para pelaku UMKM di Kelurahan Sonorejo untuk menjalankan bisnisnya dengan resmi dan memiliki Nomor Induk Berusaha.
  


Legalitas berusaha bagi pelaku usaha UMKM sangat mudah didapatkan dan hanya cukup 15 menit saja, mengingat bahwa pemerintah memiliki program kemudahan berusaha untuk menciptakan suatu sistem mendapatkan perizinan dengan mudah, cepat dan gratis. Sementara, pada masa Pandemi COVID-19 pemerintah memberikan bantuan kepada para pelaku usaha UMKM yang memang memiliki perizinan berusaha melalui Bantuan Langsung Tunai (BLT).



Penulis: 
Bennando Wijaya
Fakultas Hukum Universitas Diponegoro

Lokasi: 
Kelurahan Sonorejo, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo

DPL:    
1. Prof. Dr. Eng. Agus Setyawan S.Si,M.Si.
2. Muhamad Azhar S.H, L.L.M.

Editor:
Achmad Munandar

#KKNTIMIIPERIODE2022
#P2KKNUNDIP
#LPPMUNDIP
#UNDIP

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..