Belajar Bahasa itu Asik! Inovasi Pembelajaran Bahasa Inggris: Kisah Inspiratif KKN Tim 1 Undip 2024 di SD Negeri Ketoyan - Comedy and Indie

Rabu, 14 Februari 2024

Belajar Bahasa itu Asik! Inovasi Pembelajaran Bahasa Inggris: Kisah Inspiratif KKN Tim 1 Undip 2024 di SD Negeri Ketoyan

 



Loetju.id - Belajar bahasa asing khususnya bahasa inggris merupakan salah satu bahasa yang paling banyak digunakan di dunia. Sebagai bahasa internasional, bahasa Inggris digunakan secara luas dalam berbagai bidang seperti bisnis, pendidikan, teknologi, komunikasi internasional, dan kebudayaan populer. Hal ini menjadikan kemampuan berbahasa Inggris sangat penting dalam konteks global saat ini, membuka peluang luas untuk komunikasi, kerja sama, dan pertukaran budaya antarindividu dan negara.

Tujuan belajar bahasa Inggris untuk anak SD adalah untuk memperkenalkan mereka pada bahasa kedua yang penting secara global, memperluas pemahaman mereka tentang budaya lain, dan membantu mereka mempersiapkan diri untuk situasi komunikasi internasional di masa depan.

Dalam kegiatan KKN TIM 1 UNDIP 2024, salah satu program monodisiplin mahasiswa KKN yang dilaksanakan oleh Arizal prodi Hubungan Internasional yang berjudul “Peningkatan pembelajaran bahasa Inggris di SD Negeri Ketoyan” dimana program ini dilandaskan atas Kurangnya minat belajar bahasa Inggris di kalangan siswa-siswi kelas 4 dan kelas 5 SD Negeri ketoyan merupakan tantangan yang perlu diatasi. Melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN), Tim 1 Undip 2024 bertekad untuk meningkatkan minat belajar bahasa Inggris di sekolah tersebut.

Program tersebut dilaksanakan di SD Negeri Ketoyan dengan target utama siswa-siswi kelas 4 dan kelas 5 pada hari Selasa, 23 Januari 2024. Sebelum melakukan intervensi, tim melakukan analisis terkait penyebab kurangnya minat belajar bahasa Inggris di SD Negeri Ketoyan. Faktor-faktor seperti kurangnya sumber daya, metode pengajaran yang monoton, dan kurangnya motivasi siswa menjadi fokus utama.

Setelah itu, program tersebut diawali dengan sesi pemaparan materi penayangan powerpoint mengenai materi dasar yaitu “Introducing yourself” dimana siswa-siswi belajar bagaimana cara berkenalan dalam bahasa inggris sehingga dapat melatih ucapan dan cara menulisnya. Terakhir program ini ditutup melibatkan siswa-siswi dalam berbagai kegiatan belajar bahasa Inggris salah satunya game mencocokan kata sebagai bentuk pengaplikasian menumbuhkan minat belajar bahasa inggris yang tidak hanya monoton. 

Selama pembelajaran berlangsung, Hasil menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam partisipasi siswa-siswi, pemahaman materi, dan minat belajar bahasa Inggris secara keseluruhan. Serta program pembelajaran tersebut sepenuhnya didukung oleh kepala sekolah. 

Melalui upaya yang terkoordinasi dan berkelanjutan, KKN Tim 1 Undip 2024 berhasil meningkatkan minat belajar bahasa Inggris di SD Negeri Ketoyan. Langkah-langkah yang diambil dapat menjadi contoh bagi upaya serupa di sekolah-sekolah lain dalam meningkatkan minat belajar bahasa Inggris di tingkat dasar.



Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..