Ini Dia Teknik Menulis Berita di Media Online Straight News - Comedy and Indie

Kamis, 11 Januari 2024

Ini Dia Teknik Menulis Berita di Media Online Straight News

  


Loetju.id - Hai guys dalam kesempatan ini akan membahas tentang bagaimana kita menulis berita untuk media online, kami rangkum dari dari channel youtube Bawaslu Jatim.

Menulis berita untuk media online seperti mempromosikan produk di keramaian, pembaca harus segera direbut perhatiannya agar segera masuk dan membaca berita kita.

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan, yaitu bagaimana merebut perhatian publik, membuat judul yang bagus, usahakan tulisan tidak terlalu panjang serta membuat tulisan jadi lebih hidup dan lebih berwarna menulis ulang berita yang akan diupload di website, mempercantik penampilan berita, memanfaatkan multimedia dan menganalisis serta membandingkan berita.


1. Cara merebut perhatian pembaca 
Media online dikenal sangat tidak setia mereka akan memindai halaman web untuk mengetahui perkembangan berita dan jika tidak menemukan sesuatu yang menarik maka dengan cepat akan pindah ke situs lain, Jadi ada baiknya kuncinya langsung rebut perhatian mereka secepat mungkin.

pada saat menyusun berita bayangkan menulis untuk orang-orang di tempat yang sangat padat dan ramai. kalimat-kalimat seperti apa yang cocok untuk mereka oleh karena itu paragraf pertama atau lihat yang pernah kita bahas sebelumnya ini menjadi sangat vital untuk membuat mereka tidak pindah ke situs berita lain.


2. Membuat judul yang bagus 
Pembaca akan memindai halaman depan judul yang bagus idealnya mencerminkan isi berita, ini penting agar mereka tidak akan kecewa ketika mengklik dan membaca.  Bila isi berita tidak sesuai judul atau tidak sesuai dengan harapan, mereka bisa saja langsung menutup halaman.

Usahakan tulisan tidak terlalu panjang, berita sebisa mungkin pendek karena sulit membaca yang panjang di layar telepon genggam. Berbeda dengan media cetak dalam banyak kasus tak perlu menambahkan banyak latar belakang, karena sudah ada di berita-berita lain. Sobat bisa menautkan berita-berita ini bila merasa pembaca menginginkan informasi lebih lanjut, juga jika berita mengandung banyak unsur atau elemen, kita bisa membaginya menjadi beberapa berita.


3. Membuat berita lebih hidup dan lebih berwarna 
Media elektronik seperti televisi dan radio dengan mudah membuat berita menjadi lebih hidup karena Media elektronik menggunakan video dan audio. Jika sobat lebih sering memakai format teks, mulai sekarang silahkan coba untuk menambahkan kutipan dan detail lain untuk membuat berita menjadi lebih hidup dan lebih berwarna.


4. Menulis ulang Berita 
Isi berita yang ditulis harus jelas, bila punya waktu pertimbangkan untuk menulis ulang karena dengan menulis ulang mungkin mendapatkan hasil yang lebih baik. Pastikan pula tidak ada kesalahan tata bahasa atau ejaan sebelum diterbitkan. Pembaca tidak akan suka menemukan kesalahan.


5. Mempercantik penampilan berita 
Sebagai penulis kita mungkin sudah membayangkan susunan atau alur berita yang ditulis.  Berita yang ditulis mungkin sangat menarik, tapi di layar komputer atau telepon genggam berita akan tampak sebagai susunan beberapa paragraf saja, ini tentu membosankan maka dari itu gunakan foto yang kuat grafis berupa data dan kutipan.


6. Memanfaatkan multimedia 
Agar tulisan lebih menarik pertimbangkan menggunakan foto dan video dalam penyampaian berita.


7. Menganalisis dan membandingkan berita 
Coba ssekali waktu cermati bagaimana bibisi dan situs-situs berita lain memperlakukan berita. Coba analisis mengapa berita yang sama lebih bagus di satu situs dan biasa-biasa saja di situs lain. Coba Perhatikan dan apa yang menyebabkan berita tersebut lebih bagus. Cari tahu apa yang dicari pembaca di situs berita statistik akan membantu kita mengetahui berita apa saja yang populer dan apa yang tidak.

Di era media sosial seperti sekarang ini banyak bermunculan berita-berita yang sifatnya Straight news dan setidaknya ada tiga tuntutan Straight news. Dengan hadirnya media online persaingan berita semakin meningkat khususnya Straight news karena adanya persaingan tersebut munculah beberapa tuntutan dalam cara menulis berita Straight news.

Tiga tuntutan utama dari Straight news yaitu kecepatan, kelengkapan dan akurasi, mari kita bahas satu persatu.

- Kecepatan 
Jika ingin bersaing, kecepatan menjadi hal yang diprioritaskan. Siapa cepat dia dapat, adalah peribahasa yang mewakili tuntutan yang satu ini. Setiap media berlomba-lomba untuk menghadirkan berita aktual yang mereka miliki secepat mungkin. Jika kalah cepat dengan media lain berita kitabisa dianggap basi dan tidak akan diperhatikan. Jika hal tersebut terjadi kita akan menjadi pihak yang merasa rugi dengan menjaga performa. 

Sebagai media yang cepat, pembaca cenderung membaca berita-berita lainnya dari media tersebut, jika tidak konsisten dengan kecepatannya pembaca tidak bisa bergantung dengan media tersebut oleh karena itu kecepatan menjadi unsur penting dalam bersaing dengan media-media lain.

- Kelengkapan 
Unsur Straight news komponen minimal yang harus ada adalah 5W 1H, yaitu what, who, when, where, why dan How. Seperti yang telah dikatakan sebelumnya Straight news bersifat singkat dengan begitu penulisan Straight news tidak perlu bertele-tele hanya gagasan-gagasan penting yang perlu dimasukkan ke dalam berita tersebut. Tetapi jangan karena mementingkan isi yang singkat berita tersebut kekurangan informasi-informasi yang perlu diketahui oleh pembaca.

- Akurasi 
Seperti berita-berita pada umumnya akurasi menjadi point penting yang harus diperhatikan.  Jika tidak akurat berita tersebut tidak layak untuk disebarkan kepada masyarakat untuk dibaca. Karena mereka memilih saat untuk mendapatkan informasi yang akurat. Terlebih lagi untuk berita aktual yang berisi informasi-informasi penting jika tidak akurat hal tersebut bisa fatal bagi beberapa pihak yang bersangkutan. 

Tetapi sebenarnya ketiga tuntutan tersebut sulit untuk dipenuhi sekaligus, karena sifatnya yang bertolak belakang. Jika mengutamakan kecepatan kelengkapan, akurasi terkadang dikorbankan. Karena sulit untuk mendapatkan informasi yang lengkap dan akurat secara cepat. Jika ingin akurat dan lengkap kita memerlukan waktu untuk mencarinya. Tetapi setiap pihak harus tetap berusaha memberikan berita yang memiliki kualitas tinggi.

Demikian tadi postingan kita tentang bagaimana menulis berita di media online, cara menghasilkan tulisan berita yang baik adalah dengan menulis menulis dan menulis, jangan bosan. Semoga berhasil Salam sukses selalu.


Sumber: channel youtube Bawaslu Jatim

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..