Menuju Era Baru: Pemetaan Inovatif Dongkrak Potensi UMKM di Desa Tanjung Kulon - Comedy and Indie

Senin, 04 Desember 2023

Menuju Era Baru: Pemetaan Inovatif Dongkrak Potensi UMKM di Desa Tanjung Kulon

 
Gambar 1. Peta Persebaran UMKM, Desa Tanjung Kulon, 
Kecamatan Kajen, Kabupaten Pekalongan.


Loetju.idPekalongan - Desa Tanjung Kulon, sebagai salah satu desa di Kecamatan Kajen, Kabupaten Pekalongan, yang kaya akan keragaman dan potensi lokal, telah menjadi fokus upaya pemetaan inovatif. Dengan dukungan penuh dari pemerintah setempat, masyarakat, dan P2KKN Universitas Diponegoro, proyek ini bertujuan untuk mengidentifikasi, menggali, dan mengumpulkan data terkait potensi UMKM yang ada di Desa Tanjung Kulon.

Dalam mendukung implementasi kegiatan Peningkatan Komoditas Unggulan Masyarakat (PKUM), Tim 1 KKN Tematik 2023 Universitas Diponegoro dengan penanggungjawab Bagus Nuari Priambodo, S.T., M.T, Dr. Ir. Cahya Setya Utama, S.Pt., M.Si., IPM, dan Nikolaus Ageng Prathama, S.I.Kom. M.I.Kom memiliki program kerja yang salah satunya adalah pengumpulan data untuk pembuatan peta inovatif yang diharapkan dapat memudahkan pemerintah desa dalam melakukan pendataan dan monitoring perkembangan UMKM, dan juga memudahkan para pelaku UMKM dan calon konsumen dalam mencari kebutuhannya. 

Tujuan dari pemetaan UMKM ini antara lain untuk mengidentifikasi peluang bisnis. Melihat UMKM yang melimpah dan berpotensi untuk menaikkan pendapatan masyarakat desa, kami telah mengidentifikasi persebaran bisnis UMKM di Desa Tanjung Kulon melalui kegiatan survei dan pemetaan. Selain itu, untuk mengukuhkan ekosistem UMKM, kegiatan pemetaan ini akan membantu memahami dinamika ekosistem UMKM, memperkuat kerjasama antar-pelaku bisnis lokal, serta mengenalkan bisnis UMKM Desa Tanjung Kulon kepada masyarakat luar daerah.

Proses pemetaan yang dilakukan pada tanggal 15 November 2023 oleh Tim 1 KKN-T 2023 Universitas Diponegoro yaitu melalui survei dan pendataan secara menyeluruh untuk mengumpulkan informasi tentang berbagai UMKM di Desa Tanjung Kulon. Dengan survei ke masing-masing pelaku usaha UMKM, kami telah mendapatkan titik koordinat yang akurat. Setelah itu, kami melakukan analisis data dimana seluruh data yang terkumpul dianalisis secara cermat untuk mengidentifikasi lokasi persebaran, yang kemudian kami lakukan pengolahan menggunakan perangkat keras (laptop) dan pembuatan peta yang dilakukan dengan menggunakan software ArcGIS.

Peta ini dapat dijadikan sebagai alat visualisasi yang berguna. Kami berharap bahwa program kerja ini akan memberikan manfaat yang signifikan bagi penduduk Desa Tanjung Kulon dalam mendongkrak potensi UMKM di masa mendatang. 




Penulis
Lovenda Kiendra Junova

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..