Mahasiswa KKN Undip Berikan Edukasi Mengenai Stroke dan Pencegahan untuk Lansia - Comedy and Indie

Selasa, 19 Desember 2023

Mahasiswa KKN Undip Berikan Edukasi Mengenai Stroke dan Pencegahan untuk Lansia

 


Loetju.idKelurahan Mangunharjo, Minggu (3/12/2023), telah dilaksanakan program  kegiatan yang dilakukan oleh Annisya Aulia Rahmasari, mahasiswa prodi Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro, ke masyarakat lansia Kelurahan Mangunharjo. Bentuk kegiatan yang dilakukan yaitu edukasi mengenai stroke. Berdasarkan survey, didapatkan salah satu permasalahan yang masih cukup banyak yaitu stroke. 

Hingga saat ini (2023) stroke masih menjadi penyakit yang menyebabkan disabilitas dan kematian nomor dua di dunia. Menurut IHME di Indonesia stroke menjadi penyebab kematian utama yaitu 19,42% dari total kematian di tahun 2019. Masih tingginya kejadian stroke menjadi menimbulkan keresahan di kalangan masyarakat. Masyarakat membutuhkan edukasi mengenai stroke dan cara mencegahnya. Edukasi ini bertujuan agar masyarakat dapat lebih waspada dan tanggap dalam menanggulangi penyakit stroke terutama lansia yang memiliki penyakit komorbid memiliki factor risiko lebih tinggi terkena stroke. 

Kegiatan edukasi ini dilakukan dengan menjelaskan mengenai apa itu stroke, kategori stroke, faktor risiko stroke, gejala stroke, pencegahan yang dapat dilakukan, dan pesan untuk segera ke RS seperti yang disampaikan oleh Kemenkes. Kegiatan dilaksanakan di halaman wilayah RW 5 setelah kegiatan senam sehat dilakukan. 

“Saya takut kalau terkena stroke, karena dari gejala-gejala tadi saya merasakan kebas dan susah gerak”, ujar salah satu lansia setelah pemaparan dilakukan. Dengan adanya edukasi ini membantu masyarakat untuk bisa lebih menyadari kondisi mereka dan tidak terlambat untuk memeriksakan ke RS. Para lansia sangat antusias dalam menerima edukasi dan meminta poster untuk di bagikan secara softfile melalui WhatsApp.
 
Kegiatan dilakukan dengan interaktif antara mahasiswa dengan para lansia. Para lansia juga membagikan ceritanya seputar stroke dan pengalaman lainnya dengan mahasiswa. Kegiatan dilanjut dengan pemberian hardfile poster kepada perwakilan lansia yang kemudian akan ditempatkan di balai agar mudah diakses.

Dengan adanya edukasi mengenai stroke dan pencegahannyan oleh mahasiswa melalui kegiatan KKN ini diharapkan dapat memberi manfaat untuk masyarakat kedepannya dan menambah pengalaman bagi mahasiswa.



Ditulis oleh:
Annisya Aulia Rahmasari


Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..