Program IDBU Mengajak Warga Peternak Dusun Sironjang Mengenal Teknologi Pengolahan Pakan Dan Pengolahan Limbah Peternakan - Comedy and Indie

Selasa, 17 Oktober 2023

Program IDBU Mengajak Warga Peternak Dusun Sironjang Mengenal Teknologi Pengolahan Pakan Dan Pengolahan Limbah Peternakan



Loetju.idDusun sironjang, kelurahan pakintelan, kecamatan gunung pati, kota semarang  adalah salah satu dusun yang warganya sebagian besar memiliki ternak. Rata rata warga yang beternak memiliki ternak sapi paling sedikit dua ekor sapi dan 4 ekor kambing. 

Namun, dalam hal pelaksanaannya para peternak memiliki beberapa permasalahan yaitu sulitnya mencari pakan ketika musim kemarau, penyakit penyakit yang menyerang ternak, serta pengolahan limbah yang belum termanfaatkan sama sekali.

Berkaitan dengan hal tersebut Ahmad Syafi Azizy Nor,  tim IDBU (IPTEK desa binaan UNDIP) membantu para pelaku peternakan dengan melakukan kunjungan ke peternak peternak untuk menanyakan masalah apa saja yang dihadapi dalam beternak serta mengadakan diskusi peternak bersama peternak yang ada di dusun sironjang.
 

Dalam menyelenggarakan kegiatan kunjungan, diskusi, serta edukasi kepada peternak untuk mengenalkan strategi dalam beternak serta bagaimana mengolah limbah agar mempunyai nilai ekonomis.

Diskusi dan edukasi terkait peternakan dimulai dari bulan agustus 2023 dengan modul sebagai media edukasi serta praktik langsung bersama peternak mengenai pengolahan pakan dan pengolahan limbah dan akan diberi pendampingan sampai bulan desember 2023.
Adapun materi diskusi dan edukasi terkait peternakan meliputi kiat kiat atau strategi pengadaan pakan, teknologi pengolahan pakan, kesehatan ternak, serta pengolahan limbah peternakan. 

Tim pelaksana IDBU juga memberikan pelatihan mengenai pengolahan pakan dan pengolahan limbah peternakan kepada peternak. “kegiatan ini dapat memberikan wawasan kepada kami (peternak) bagaimana cara mengolah pakan agar dapat meningkatkan kualitas pakan untuk ternak dan juga dapat disimpan dalam waktu yang cukup panjang sehingga dapat menjadi simpanan pakan ketika terdesak, selain itu kami juga diberikan pelatihan bagaimana cara pembuatan pupuk kompos dari kotoran ternak sehingga menjadi produk yang memiliki nilai ekonomis serta mengurangi pencemaran lingkungan yang disebabkan limbah peternakan” ujar Bapak Yanto, salah satu peternak di dusun Sironjang.

Diharapkan dengan diadakan kegiatan diskusi dan edukasi ini, para pelaku peternakan di dusun Sironjang ,Kelurahan Pakintelan, dapat memperoleh wawasan dan pengetahuan untuk mengatasi masalah masalah yang sering terjadi di peternakan dan juga dapat memanfaatkan hal hal yang dihasilkan dipeternakan.

Pengimplementasian pelatihan pengolahan pakan dan pengolahan limbah peternakan diharapkan dapat membantu peternak mengolah pakan untuk meningkatkan mutunya dan juga mengolah limbah peternakan agar memiliki nilai jual sehingga dapat menambah pemasukan bagi peternak di Dusun Sironjang, Kelurahan Pakintelan, Kecamatan Gunung Pati, Kota semarang.


Penulis: 
Ahmad Syafi Azizy Nor 
(Mahasiswa prodi Peternakan, 
Fakultas Peternakan dan Pertanian, Universitas Diponegoro)


DPL:
Ir. Bambang Sulistyanto, M.Agr.Sc., Ph.D., IPU.

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..