Biografi Mas Gibran Rakabuming Raka dan Peluangnya Menjadi Cawapres Pemilu 2024 - Comedy and Indie

Minggu, 15 Oktober 2023

Biografi Mas Gibran Rakabuming Raka dan Peluangnya Menjadi Cawapres Pemilu 2024

 


Loetju.id - Semarang Senin 16/10/2023. Hari ini Mahkamah Konstitusi atau MK akan membacakan putusan tentang gugatan batas usia pencalonan capres cawapres yang sering dihubungkan dengan isu rencana Gibran putra Presiden Jokowi yang juga wali kota Surakarta untuk menjadi pendamping Prabowo dalam kontestasi Pilpres 2024.

Kita tunggu saja hasilnya hingga nanti pendaftaran capres cawapres untuk pemilu 2024. Lewat postingan kali ini kami ingin mengajak pembaca untuk kenal lebih dekat dengan sosok Wali Kota Solo yang sebelumnya dikenal dengan bisnisnya Sang Pisang dan Markobar.

Mas Gibran Rakabuming Raka lahir pada tanggal 1 Oktober tahun 1987 adalah seorang pengusaha dan politisi Indonesia yang menjabat sebagai Wali Kota Surakarta yang dilantik pada 26 Februari 2021. Terlahir sebagai putra sulung Joko Widodo. Gibran merintis bisnisnya dengan membuka usaha katering yang diberi nama Chilli Pari. Ia juga merupakan pendiri perusahaan kuliner martabak yang disebut Markobar.

Sejak kecil Gibran menetap di Surakarta, tetapi saat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dirinya pindah ke Singapura untuk melanjutkan sekolah setingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) pada tahun 2002 di Orchid Park Secondary School, Singapura.

Selanjutnya pada tahun 2007 Gibran lulus dari Management Development Institute of Singapore (MDIS) dan melanjutkan studinya ke program Insearch di University of Technology Sydney (UTS Insearch), Sydney, Australia hingga lulus pada tahun 2010. Ia menjabat sebagai ketua Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia (APJBI) Kota Solo.

Pada 11 Juni 2015, Gibran menikahi mantan putri Solo yang bernama Selvi Ananda. Pada 10 Maret 2016, Selvi melahirkan seorang anak laki-laki yang dinamai Jan Ethes Srinarendra. Pada 15 November 2019, Gibran dan Selvi dikaruniai anak perempuan bernama La Lembah Manah.

Pada 9 Juni 2018, Gibran mendirikan sebuah aplikasi pencari pekerja lepas dan paruh waktu yang bernama Kerjaholic bersama Leonard Hidayat, Josh Ching, Michael, Daniel Hidayat. Kerjaholic adalah sebuah aplikasi yang bisa menghubungkan para pencari kerja dengan pihak-pihak yang sedang mencari pekerja lepas dan paruh waktu.

Pada 20 Juli 2019, Gibran bersama adiknya Kaesang Pangarep, Chef Arnold Poernomo dan Randy Julius mendirikan restoran bernama Mangkokku. Sebelumnya, pada 17 Agustus 2018 ia membangun Goola bersama Kevin Susanto dan memperoleh pendanaan dari Alpha JWC Ventures senilai Rp 71 miliar.

Dalam Pilkada 2020, Gibran mendaftarkan diri sebagai bakal calon walikota Solo dari PDI-P untuk Pemilihan Wali Kota Solo periode 2020-2025 yang kemudian mendapat kritik dari pengamat tentang tuduhan praktik politik dinasti dalam keluarga Joko Widodo yang masih menjabat Presiden. Gibran sendiri pernah menolak keberadaan dinasti politik di Indonesia. Selain itu, terdapat peraturan pemilu yang menghambat pencalonan Gibran sebagai kepala daerah.

Mas Gibran pada tahun 2018 pernah menjadi kameo dalam film berjudul Sesuai Aplikasi sebagai Pemilik Markobar dan 2019 dalam dilm Yowis Ben 2 berperan sebabai Karyawan magang Markobar.

Beliau juga punya Gelar kehormatan dari  Kesunanan Surakarta Hadiningrat yaitu Kanjeng Pangeran Gibran Rakabuming Raka Widuronegoro (2021) dari Kadipatèn Mangkunagaran
sebagai Kanjeng Pangeran Haryo Gibran Rakabuming Raka (2023).

Sebagai informasi Markobar adalah bisnis mas Gibran Rakabuming yang selanjutnya adalah Markobar. Dengan menu makanan utama berupa martabak. Markobar pertama kali hadir di Solo. Hingga saat ini, Markobar sudah memiliki cabang di berbagai kota.

Sang Pisang adalah bisnis terbesar yang dimiliki Kaesang. Bisnis yang didirikan Kaesang sejak 2017 bersama Ansari Kadir ini sudah tersebar di 25 kota dengan lebih dari 73 outlet. Dikabarkan, Sang Pisang sudah memiliki 1.500 orang karyawan.

Chili Pari adalah Bisnis Gibran lainnya yang diserahkan ke Kaesang Pangarep adalah Chili Pari, yang merupakan usaha katering. Usaha ini didirikan sejak Desember 2010 lalu.



===
Baca juga:

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..