Spesial Semarak Kemerdekaan, IDBU 2023 Selenggarakan Lomba Mewarnai dan Menggambar di Pasar Krempyeng, Dusun Sironjang - Comedy and Indie

Senin, 25 September 2023

Spesial Semarak Kemerdekaan, IDBU 2023 Selenggarakan Lomba Mewarnai dan Menggambar di Pasar Krempyeng, Dusun Sironjang

  


Loetju.id - Pakintelan, Gunung Pati. Pelaksana program Iptek Desa Binaan Undip (IDBU) menyelenggarakan lomba mewarnai dan menggambar dalam rangka mendorong program kerja Iptek Desa Binaan Undip (IDBU) dengan meramaikan keberadaan Pasar Krempyeng sebagai salah satu tempat unggulan Desa Wisata Agroekokultural di wilayah Dusun Sironjang. 

Kegiatan perlombaan yang diikuti oleh anak-anak ini dimaksudkan untuk meningkatkan kreativitas anak-anak Dusun Sironjang dan sebagai sarana promosi Pasar Krempyeng. Pasar Krempyeng itu sendiri merupakan pasar yang diadakan hanya pada hari tertentu, yaitu Minggu Kliwon dan Minggu Legi. Dalam kegiatannya, Pasar Krempyeng menyediakan berbagai jenis produk UMKM yang terdiri dari barang, pakaian hingga jajanan tradisional dan modern.


 
Minggu Legi, puluhan warga Dusun Sironjang memadati area Pasar Krempyeng yang berada di RT 01 RW 01. Sebagian besar pengunjung merupakan orang tua dari anak-anak yang mengikuti perlombaan. Peserta lomba merupakan anak-anak usia TK (3-6 tahun) untuk kategori lomba mewarnai dan usia SD (7-12 tahun) untuk kategori lomba menggambar. Lomba menggambar mengusung Tema “Semarak Kemerdekaan Bersama Pasar Krempyeng”. 

“Alhamdulillah, agenda lomba menggambar dan mewarnai yang diselenggarakan oleh Mahasiswa Undip melalui program Iptek Desa Binaan Undip (IDBU) yang disambut dengan antusias dan semangat anak-anak Dusun Sironjang. Dampaknya tentu membuat pengunjung semakin ramai, bahkan lebih ramai dari biasanya. Saya harap kegiatan seperti ini yang didukung oleh semua lini dapat dikembangkan untuk mewujudkan Dusun Sironjang menjadi Desa Wisata Budaya” ujar mas Raafi sebagai Ketua Ikatan Remaja Aktif Sironjang (IRAS).

Kegiatan yang diadakan ini juga tidak lepas dari peran Ikatan Remaja Aktif Sironjang (IRAS). Mereka turut membantu menyiapkan segala kebutuhan lomba seperti meja dan sound system. Selain lomba anak-anak, kegiatan ini juga diisi dengan live music dan pengundian hadiah berupa doorprize yang dibagikan langsung oleh Ikatan Remaja Aktif Sironjang (IRAS). 
Harapannya, kegiatan ini dapat terus berlanjut dengan cakupan yang lebih luas dan lebih banyak kreasi serta inovasi sehingga dapat menarik pengunjung di luar warga Dusun Sironjang. Perlombaan diakhiri dengan pengumuman pemenang lomba, dengan masing-masing kategori lomba terdiri dari juara I, II, dan III.


Penulis: Aulia Husna Hanifah—Mahasiswi Fakultas Sains dan Matematika, IDBU
(IPTEK Desa Binaan Undip) Universitas Diponegoro 2023, Dusun Sironjang, Kelurahan
Pakintelan, Keca matan Gunungpati, Kota Semarang.


DPL : Ir. Bambang Sulistiyanto, M.Agr.Sc., Ph.D., IPU

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..