Mahasiswa KKN Undip buat Program Pemanfaatan Lahan di Pinggiran Sawah untuk Tanaman Berbuah dan Tanaman Hortikultura - Comedy and Indie

Senin, 07 Agustus 2023

Mahasiswa KKN Undip buat Program Pemanfaatan Lahan di Pinggiran Sawah untuk Tanaman Berbuah dan Tanaman Hortikultura

 


Loetju.id - Pati (04/08/2023) – Memasuki bulan Juli-Agustus cuaca dan iklim terasa cukup panas. Tentunya hal ini juga berpengaruh terhadap kondisi lingkungan khususnya pada tanah di lahan yang tidak terawat.

Mahasiswa Universitas Diponegoro diberi kesempatan untuk melaksanakan KKN di salah satu desa Kecamatan Tayu, yaitu Desa Bulungan. Desa Bulungan memiliki wilayah dengan bebagai potensi alam, salah satuya adalah persawahan. Terdapat lahan di pinggiran sawah yang tidak dimanfaatkan dengan baik. Kondisi tanah gersang dan hanya beberapa rumput liar yang tumbuh di atasnya. 

Dalam menghadapi salah satu permasalahan ini, pada hari Selasa, 25 Juli 2023 telah dilaksanakan program “Penanaman Bibit Tanaman Berbuah dan Tanaman Hortikultura di Sepanjang Lahan Pinggiran Daerah Persawahan”. Kegiatan ini mengikutsertakan ibu-ibu PKK di RW 01 dan seluruh anggota mahasiswa KKN Universitas Diponegoro Desa Bulungan.


Dokumentasi pelaksanaan Penanaman Buah dan Hortikultura


Sebelum program dilaksanakan, observasi lahan yang akan ditanami telah ditentukan di minggu-minggu awal penerjunan KKN. Terdapat 2 (dua) jenis tanaman untuk program ini yaitu bibit tanaman berbuah dan bibit tanaman hortikultura. Bibit tanaman berbuah diantaranya seperti pohon jambu kristal, pohon alpukat, dan pohon belimbing. Sedangkan bibit tanaman hortikultura yang ditanamkan yaitu cabai dan terong. 

Sistem irigasi yang digunakan bersumber dari selokan di dekat sawah dan dibantu warga sekitar lahan untuk penyiraman. Penanaman bibit ini diharapkan mampu memberikan oksigen dan memperbaiki kualitas tanah baik di iklim dengan curah hujan tinggi maupun kekeringan. 



Penulis
Pramudya Paramita
Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro 
Desa Bulungan 2023

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..