Demi Mengembangkan UMKM, KKN Universitas Diponegoro Galakkan Pendampingan Pembuatan NIB Bagi Pelaku Usaha - Comedy and Indie

Senin, 07 Agustus 2023

Demi Mengembangkan UMKM, KKN Universitas Diponegoro Galakkan Pendampingan Pembuatan NIB Bagi Pelaku Usaha




Loetju.idPati (24/07/2023) - Pelaku usaha Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM) di Desa Bulungan, Kota Pati mempunyai banyak potensi yang dapat terus dikembangkan. Dari tahun ke tahun, jumlah UMKM di Desa Bulungan juga mengalami peningkatan. Kebanyakan jenis UMKM yang ada berfokus pada kuliner dan usaha sembako. 

Dengan banyaknya UMKM di Desa Bulungan ini dapat membantu perekonomian yang ada di Kecamatan Tayu khususnya Desa Bulungan. Namun dalam perkembangannya, ada sebagian UMKM yang di Desa Bulungan masih belum mengetahui tentang adanya izin usaha, bahkan dari mereka ada juga yang tidak mengetahui perizinan usaha.

Melihat permasalahan tersebut, mahasiswa KKN Universitas Diponegoro inisiatif memberikan pendampingan pembuatan NIB untuk meningkatkan kinerja UMKM, Sabtu, 15 Juli 2023 di Desa Bulungan, Kecamatan Tayu, Kabupaten Pati. 

Para pelaku usaha UMKM di Desa Bulungan terlihat begitu antusias mengikuti kegiatan pendampingan pembuatan izin usaha berbasis Single Submission Risk Based Approach (OSS-RBA) atau sistem perizinan berusaha berbasis risiko. 

Dokumentasi penyerahan NIB kepada UMKM


Kegiatan ini mengikutsertakan para pelaku UMKM yang belum memiliki NIB. NIB merupakan identitas pelaku usaha yang diterbitkan oleh Lembaga OSS. NIB ini seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) versi pengusaha yang wajib dimiliki oleh pegiat usaha baik kecil maupun menengah. 

Para pelaku usaha yang sudah memiliki NIB akan lebih mudah untuk mengajukan izin usaha  komersial atau operasional sesuai dengan bidang usaha masing-masing dan memudahkan para pelaku usaha untuk mendapatkan pendanaan dari pemerintah. 
 
Sebelum melakukan pelaksanaan kegiatan penyuluhan pelatihan dan pendampingan pembuatan NIB ini, mahasiswa KKN telah melakukan survey terlebih dahulu dan metode yang dipakai pada kegiatan ini yaitu metode door to door yang dilakukan secara langsung mendatangi rumah pelaku usaha tersebut. 

Metode door to door ini meningkatkan antusiasme para pelaku usaha karena sangat menghemat waktu. Pelaku usaha yang berhasil mendapatkan penyuluhan pelatihan dan pendampingan pembuatan NIB ini yaitu pengusaha kue gapit, pengusaha ceriping, dan pengusaha keripik singkong. 

Contoh NIB hasil program pendampingan 
oleh mahasiswa KKN Undip


NIB sangat bermanfaat bagi pelaku usaha sebab dapat menjadi tanda daftar perusahaan, pengajuan izin usaha dan komersial, angka pengenal importir juga akses kepabeanan. NIB memudahkan pendaftaran dokumen usaha lainnya serta legalitas usaha yang dikelola.
 
Dengan adanya NIB ini, maka pelaku usaha dapat membuktikan secara legalitas usahanya dan sekaligus merupakan Pengesahan Tanda Daftar Perusahaan dan Mendapatkan kemudahan dalam pemberdayaan dari Pemerintah, Pemerintah daerah atau lembaga lainnya.




Penulis
Olivia Feby Yohana
Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro
Desa Bulungan 2023

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..