Sulap Limbah Rumah Tangga Menjadi Produk Yang Bermanfaat, Mahasiswa KKN UNDIP Adakan Pelatihan Pemanfaatan Minyak Jelantah Menjadi Sabun Cuci Serbaguna - Comedy and Indie

Senin, 12 Februari 2024

Sulap Limbah Rumah Tangga Menjadi Produk Yang Bermanfaat, Mahasiswa KKN UNDIP Adakan Pelatihan Pemanfaatan Minyak Jelantah Menjadi Sabun Cuci Serbaguna

 
Gambar Kegiatan Pelatihan Pemanfaatan Minyak Jelantah 
Menjadi Sabun Cuci Serbaguna


Loetju.id - Semarang(13/02/2024). Permasalahan sampah saat ini merupakan permasalahan yang meluas dan belum terselesaikan secara tuntas. Permasalahan sampah di Pemalang khususnya di desa Tanahbaya, kecamatan Randudongkal juga masih menjadi perhatian serius bagi seluruh lapisan masyarakat. Dikarenakan tidak adanya tempat pembuangan akhir (TPA) masyarakat setempat mengolah sampah dengan cara dibakar dipekarangan rumah warga. Masih kurangnya pengetahuan dan kesadaran masyarakat terkait pengelolaan sampah yang baik dan benar. 

Jika permasalahan tersebut tidak segera diatasi dengan baik maka akan menimbulkan dampak negatif terhadap lingkungan dan kesehatan biologis. Dibutuhkan pengelolaan sampah yang baik untuk mengurangi penumpukan sampah yang ada. Dimulai dari lingkup yang kecil, pengelolaan sampah rumah tangga yang baik perlu dilakukan. Melihat urgensi tersebut, Arnissa Fatma Gita Putri, Mahasiswi KKN UNDIP daru Fakultas Kesehatan Masyarakat mengadakan “Pelatihan Pemanfaatan Minyak Jelantah Menjadi Sabun Cuci Serbaguna” kepada ibu-ibu PKK desa Tanahbaya.

Gambar Leaflet Pembuatan Sabun dari Minyak Jelantah

Kegiatan Pelatihan Pemanfaatan Minyak Jelantah Menjadi Sabun Cuci Serbaguna dilaksanakan pada hari Sabtu, 27 Januari 2024 bertempat di balai desa Tanahbaya. Kegiatan Pelatihan Pemanfaatan Minyak Jelantah Menjadi Sabun Cuci Serbaguna ini bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas dari ibu-ibu PKK agar dapat memanfaatkan limbah minyak jelantah menjadi sabun cuci serbaguna. Dimana pelatihan ini disambut dengan baik oleh ibu-ibu PKK, karena ibu-ibu PKK merasa termotivasi untuk memanfaatkan limbah minyak jelantah dan limbah kopi yang ada di rumah untuk diubah menjadi sabun cuci serbaguna. 
 
Melalui pelatihan ini, diharapkan akan membentuk kesadaran dan meningkatkan keratifitas dari masyarakat desa Tanahbaya untuk mengelola limbah rumah tangga menjadi barang yang bermanfaat untuk kegiatan sehari-hari. Diharapkan melalui kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk selalu menjaga lingkungan dengan mengelola sampah yang baik sehingga dapat menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.



Penulis: 
Arnissa Fatma Gita Putri

Jurusan/ Fakultas: 
Kesehatan Masyarakat

Dosen Pembimbing:
●Yuli Prasetyo Adhi, S.H., M.Kn.
●Farid Agushybana, S.KM., DEA., Ph.D.
●Ir. Aghus Sofwan, S.T., M.T., Ph.D. IPU

Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..