Mahasiswa KKN Undip Adakan Pelatihan Pembuatan Makanan Pendamping Asi yang Bergizi Untuk Cegah Stunting di Desa Tanahbaya - Comedy and Indie

Senin, 12 Februari 2024

Mahasiswa KKN Undip Adakan Pelatihan Pembuatan Makanan Pendamping Asi yang Bergizi Untuk Cegah Stunting di Desa Tanahbaya

Gambar Sosialisasi Terkait Makanan Pendamping ASI (MPASI) 


Loetju.id - Semarang(13/02/2024). Stunting merupakan masalah kesehatan yang masih menjadi perhatian dari segala pihak. Stunting dapat terjadi sebagai akibat dari kekurangan gizi terutama pada saat 1000 HPK, hal tersebut dapat mempengaruhi kecerdasan anak dan status kesehatan pada saat dewasa. Salah satu upaya untuk menurunkan kasus stunting yaitu dengan upaya pemenuhan gizi seimbang bagi keluarga berisiko stunting yang memiliki calon pengantin, ibu hamil, ibu menyusui, baduta/balita stunting terutama dari keluarga kurang mampu. 

Melalui pemanfaatan sumberdaya lokal (termasuk bahan pangan lokal).Melihat hal tersebut, Arnissa Fatma Gita Putri , Mahasiswi KKN Universitas Diponegoro di Desa Tanahbaya, Kecamatan Randudongkal, Kabupaten Pemalang dari Fakultas Kesehatan Masyrakat berinisiatif untuk mengadakan “Pelatihan Pembuatan Makanan Pendamping ASI yang Bergizi untuk Mencegah Stunting”

Pelatihan dilaksanakan pada hari Sabtu, 27 Januari 2024 di balai desa Tanahbaya. Pelatihan ini diikuti oleh kader kesehatan desa Tanahbaya. Dilaksanakannya pelatihan ini disambut dan diikuti dengan aktif oleh ibu-ibu kader kesehatan. Pelatihan pembuatan MPASI yang bergizi bertujuan untuk memberikan pengetahuan tekait MPASI yang bergizi dengan menggunakan bahan lokal yang mudah didapatkan. 

Selain itu, dilakukan demo memasak MPASI dengan bahan baku kentang yang nantinya akan dibuat menjadi stick kentang. Selain menggunakan bahan baku utama kentang, juga menggunakan tambahan sayuran seperti wortel dan selederi yang memiliki berbagai manfaat untuk tumbuh kembang anak. Diharapkan pembuatan stick kentang tersebut dapat menjadi salah satu ide snack MPASI yang mudah dibuat dan bergizi untuk mendukung pertumbuhan anak agar terhindar dari stunting.
 
Gambar Demonstrasi Pembuatan Stick Kentang 

Arnissa Fatma Gita Putri selaku penanggung jawab atas dilaksanakannya kegiatan pelatihan ini, memiliki harapan agar dapat menginspirasi masyarakat untuk ikut andil dalam pencegahan stunting melalui pembuatan MPASI dengan menggunakan bahan dasar lokal yang dapat ditemui dengan mudah di pasar dengan harga yang terjangkau. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat untuk membuat menu keratif MPASI dari bahan lokal.


Penulis: 
Arnissa Fatma Gita Putri

Jurusan/ Fakultas: 
Kesehatan Masyarakat

Dosen Pembimbing:
●Yuli Prasetyo Adhi, S.H., M.Kn.
●Farid Agushybana, S.KM., DEA., Ph.D.
●Ir. Aghus Sofwan, S.T., M.T., Ph.D. IPU

Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..