Sosialisasi Pemilahan Sampah dan Pemanfaatannya Berdasarkan Jenisnya oleh Mahasiswa KKN Undip - Comedy and Indie

Sabtu, 17 Februari 2024

Sosialisasi Pemilahan Sampah dan Pemanfaatannya Berdasarkan Jenisnya oleh Mahasiswa KKN Undip

 



Loetju.idBanyusidi, Pakis, Magelang, Jawa Tengah (24/01/2024) Mahasiswa KKN Tim 1 2024 Undip melaksanakan salah satu program keilmuannya. Program keilmuan yang diselenggarakan pada hari itu adalah Sosialisasi dan Praktik Pemilahan Sampah dan Pemanfaatannya. 

Sosialisasi dan Praktik Pemilahan Sampah dan Pemanfaatannya ini dipilih sebagai salah satu program keilmuan dikarenakan saat melakukan silaturahmi sekaligus diskusi dengan warga kami menemukan permasalahan seputar sampah yang masih diolah secara individu dan mayoritas masyarakat khususnya di dusun dayugo masih mengelolah sampah dengan cara dibakar setelah mendengar keluhan dari masyarakat yang membuat kami tergerak untuk mengambil program keilmuan yang berkaitan dengan pengolahan sampah. 

Program keilmuan ini bertujuan untuk membantu warga untuk memperdalam mengenai pemilahan sampah serta pemanfaatannya agar dapat meminimalisir sampah yang sudah tidak bisa didaur ulang secara mandiri.
 
Sosialisasi dan Praktik Pemilahan Sampah dan Pemanfaatannya dilaksanakan di rumah Kepala Dusun Dayugo Desa Banyusidi dengan audiens warga Desa Banyusidi. Program yang dilaksanakan ini diawali dengan penyampaian materi dengan bahasan mengenai pengertian sampah, kategori sampah, mengapa sampah perlu dipilah, dan cara memanfaatkan sampah sesuai dengan kategorinya. Setelah pemaparan materi diakhiri dengan pemberian poster masyarakat Dusun Dayugo. 
 
Besar harapan para mahasiswa KKN Tim 1 Undip dari Program Sosialisasi dan Praktik Pemilahan Sampah dan Pemanfaatannya dapat berdampak baik bagi warga Desa Banyusidi. Setidaknya dengan adanya sosialisasi ini dapat menaikan kesadaran warga Desa Banyusidi untuk lebih peduli terhadap lingkungan yang dimulai dari pentingnya pemilahan sampah untuk mampu melihat potensi sampah organik dan anorganik yang bisa dimanfaatkan kembali menjadi sesuatu yang berguna dan bermanfaat.



Penulis:
Putri Regita Cahyani Tahir 

Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..