Saatnya Digitalisasi memasuki UMKM? - Comedy and Indie

Kamis, 08 Februari 2024

Saatnya Digitalisasi memasuki UMKM?

 


Loetju.idLawu, (09/02/2024) - Pertumbuhan industri digitalisasi telah mempengaruhi banyak aspek kehidupan manusia, termasuk dalam dunia perdagangan. Digitalisasi memberikan kemudahan dan aksesibilitas dalam layanan keuangan, terutama bagi UMKM. Masyarakat tanpa sadar terus menggunakan teknologi dengan ataupun tidak produk. Walaupun masih banyaknya masyarakat belum menggunakannya. 

UMKM merupakan sektor yang sangat penting bagi perekonomian di banyak negara, termasuk di Indonesia. Namun, usaha kecil dan menengah seringkali kesulitan dalam memenuhi kebutuhan keuangan mereka, seperti akses ke sumber pendanaan dan layanan keuangan yang memadai. 

Digitalisasi dapat menjadi solusi untuk memperbaiki situasi tersebut. Digitalisasi khususnya fintech dapat membantu UMKM untuk memperoleh akses ke sumber pendanaan dan layanan keuangan yang memadai, serta memungkinkan mereka untuk memenuhi kebutuhan keuanga. 

Namun, pengaruh digitalisasi dalam pembangunan manusia juga perlu dipertimbangkan dengan hati-hati, karena dapat memunculkan risiko seperti keamanan data dan privasi, serta ketimpangan akses teknologi. Digitalisasi telah membawa banyak perubahan dalam dunia keuangan, termasuk dalam hal aksesibilitas layanan keuangan bagi masyarakat, terutama UMKM. 

Beberapa UMKM yang menjadi objek dalam digitalisasi yaitu UMKM di Desa Lawu seperti stick pepaya, karak, serta produksi tempe. Hal ini tentu menjadikan program kerja ini muncul karena permasalahan yang terjadi diatas. Program kerja pendampingan ini disusun untuk memberikan arahan kepada pelaku UMKM di  Desa Lawu betapa pentingnya penjualan serta pemahaman terkait digitalisasi bagi diri mereka maupun bisnis yang mereka tekuni.

Perjalanan program ini tentu dengan menggunakan modul dan arahan terhadap pelaku UMKM supaya mereka lebih mudah memahami dan mendapatkan output yang kami harapkan, juga kemudahan dalam penjualan bisnis mereka.



Penulis: 
Arfin Bararadika

Jurusan/Fakultas: 
Ekonomi Islam/ Fakultas Ekonomika dan Bisnis

Dosen Pembimbing
- Ir. Daud Samsudewa, S.Pt., M.Si., Ph.D., IPM.
- Asep Muhamad Samsudin, S.T., M.T.
- Dr. Dra. Nurhayati M.Si.

Lokasi: 
Desa Lawu, Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo

Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..