Membumikan Inovasi: Peran Mahasiswa KKN dalam Mewujudkan UMKM Susu Kedelai - Comedy and Indie

Minggu, 11 Februari 2024

Membumikan Inovasi: Peran Mahasiswa KKN dalam Mewujudkan UMKM Susu Kedelai

 



Loetju.idDesa burikan memiliki berbagai jenis UMKM yang sudah berjalan hingga saat ini, seperti keset, toko kelontong dan masih banyak lagi. Akan tetapi, UMKM dengan komoditas kedelai sendiri masih belum ada di Desa Burikan dan ini bisa menjadi salah satu peluang sebagai komoditas baru yang bisa dikembangkan di Desa Burikan sehubungan dengan akses kedelai yang mudah dan adanya bantuan alat pengolahan susu kedelai yang baru diberikan kepada Desa burikan .

Oleh sebab itu, Mahasiswa Tim 1 KKN UNDIP 2024 bekerja sama dengan perangkat desa membuat pelatihan pengolahan susu kedelai kepada ibu-ibu PKK dan juga bagi warga yang berminat untuk ikut serta dalam UMKM susu kedelai kedepannya. Materi pelatihan yang disampaikan oleh Mahasiswa UNDIP ini tidak hanya mencakup cara pengolahan saja, tetapi mencakup bagaimana cara promosi, mengurus perizinan, higienitas, dan keselamatan kerja.

Pelatihan pengolahan ini bertempat di pendopo desa burikan dan dilaksanakan pada Rabu, 6 Februari 2024. Harapan setelah dilakukan sosialisasi dan demonstrasi pembuatan susu kedelai ini adalah meningkatkan pemahaman dan minat masyarakat terhadap susu kedelai sehingga dapat ikut serta dalam pembuatan dan pengembangan UMKM susu kedelai di Desa Burikan Kedepannya.
 


Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..