Mahasiswa KKN UNDIP Berikan Tips Untuk Generasi Emas Melalui Pedoman Isi Piringku - Comedy and Indie

Minggu, 04 Februari 2024

Mahasiswa KKN UNDIP Berikan Tips Untuk Generasi Emas Melalui Pedoman Isi Piringku

 Pendampingan Pedoman Isi Piringku 

Loetju.id
Seberapa penting makan sehat untuk keluarga terutama anak-anak?
Desa Jangglengan secara rutin menyelenggarakan kegiatan posyandu balita. Kegiatan ini dilakukan untuk memantau tumbuh kembang anak, sehingga anak terhindar dari risiko kekurangan gizi atau gizi buruk, mendeteksi sejak dini bila terdapat kelainan pada anak, selain itu memberikan imunisasi lengkap. 

Dengan adanya posyandu balita dan kader yang berperan di dalamnya, Mahasiswa Tim I KKN UNDIP atas nama Rani Hilari Majida dari jurusan S1 Gizi Universitas Diponegoro mengadakan program “Pendampingan pedoman isi piringku di posyandu balita” yang dihadiri 30 kader, 139 balita, dan petugas puskesmas sebanyak 4 orang. Kegiatan dilaksanakan pada  posyandu serentak hari Kamis, 18 januari 2024 di Balai Desa Jangglengan, Nguter, Kabupaten Sukoharjo. 

Kurangnya pengetahuan dan pengaplikasian ibu terkait pedoman isi piringku menjadi latar belakang diadakannya program kerja tersebut. Isi Piringku merupakan pedoman yang disusun oleh Kementerian Kesehatan mengampanyekan konsumsi makanan yang sesuai dengan pedoman gizi seimbang. Selain itu isi piringku memuat tatacara pemberian MPASI anak sesuai usia, tektur jumlah, frekuensi, dan persentasi konsumsi ASI sesuai usia, sehingga bunda tidak perlu khawatir salah memberikan MPASI untuk sikecil.
 
 


Leaflet Pedoman Isi Piringku

Para ibu yang hadir mengantar anaknya untuk posyandu merasa senang karena mendapat ilmu baru untuk membantu tumbuh dan kembang anak menjadi sehat, cerdas, dan generasi emas. Para mahasiswa KKN TIM I UNDIP juga turut membantu dalam pelaksanaan posyandu serentak dan PIN POLIO yang dilaksanakan setelah posyandu. Kemudian kegiatan diakhiri dengan foto bersama.



Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..