Mahasiswa KKN Tim 1 UNDIP 2023/2024 Melaksanakan Program Inovasi Pembuatan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) Pencegah Stunting di Kelurahan Bulakan, Sukoharjo - Comedy and Indie

Jumat, 16 Februari 2024

Mahasiswa KKN Tim 1 UNDIP 2023/2024 Melaksanakan Program Inovasi Pembuatan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) Pencegah Stunting di Kelurahan Bulakan, Sukoharjo

 








Loetju.id - Pada tanggal 16 Januari 2024, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim 1 Universitas Diponegoro (UNDIP) 2023/2024 telah meluncurkan program inovatif untuk pencegahan stunting di Kelurahan Bulakan, Sukoharjo. Program tersebut menitikberatkan pada pembuatan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) yang bertujuan meningkatkan gizi balita dan ibu hamil di wilayah tersebut.

Stunting, masalah kekurangan gizi kronis pada anak, telah menjadi perhatian serius dalam pembangunan kesehatan di Indonesia. Kelurahan Bulakan, Sukoharjo, merupakan salah satu wilayah yang memiliki angka stunting yang signifikan. Untuk mengatasi hal ini, mahasiswa KKN UNDIP 2023/2024 menciptakan solusi berkelanjutan dengan memperkenalkan PMT yang sehat dan bergizi.

Salah satu anggota tim KKN, Ilma Safira Andani, menjelaskan bahwa PMT yang dibuat menggunakan bahan dasar protein hewani berupa telur dan ayam yang ekonomis dan mudah ditemukan di sekitar wilayah Kelurahan Bulakan. "Kami berfokus pada ketersediaan dan aksesibilitas bahan baku sehingga PMT ini dapat diterapkan secara mandiri oleh ibu-ibu semuanya" ungkap Ilma dengan antusias.

Program ini tidak hanya menawarkan solusi jangka pendek, tetapi juga bertujuan untuk memberdayakan masyarakat setempat. Melalui penayangan video pembuatan produk, warga diajarkan cara membuat PMT dengan bahan-bahan sederhana dan terjangkau. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan tentang gizi dan menciptakan kesadaran akan pentingnya nutrisi yang seimbang bagi pertumbuhan anak-anak.

Selain itu, mahasiswa KKN UNDIP juga mengadakan sesi edukasi tentang pentingnya pola hidup sehat kepada ibu hamil dan keluarga balita untuk mencegah Stunting dan Ibu Kekurangan Energi Kronis (KEK). Dengan pendekatan ini, mereka berharap dapat menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak-anak secara optimal dan mencegah terjadinya KEK pada ibu hamil.

Kepala Kelurahan Bulakan, Marlina Dry Hastuti, SE, MM., menyambut baik inisiatif dari mahasiswa KKN UNDIP. "Kami berharap bahwa melalui kegiatan ini, para ibu dapat lebih memahami pentingnya gizi yang cukup bagi pertumbuhan dan perkembangan anak-anak mereka. Semoga informasi yang disampaikan oleh mahasiswa KKN dapat membantu dalam mengambil keputusan yang lebih baik terkait dengan asupan gizi dan perawatan kesehatan," ujarnya.

Dengan semangat kolaborasi antara mahasiswa dan masyarakat, program ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi wilayah lain dalam upaya pencegahan stunting. Mahasiswa KKN UNDIP 2023/2024 berkomitmen untuk terus mendukung dan memperkuat program ini agar dapat memberikan manfaat yang nyata bagi kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Kelurahan Bulakan, Sukoharjo.


Penulis:
Ilma Safira Andani (Peternakan/FPP UNDIP)

Dosen Pembimbing Lapangan:
Prof. Dr. Eng. Agus Setyawan, S.Si., M.Si
Muhamad Azhar, SH., LL.M.

Lurah:
Marlina Dry Hastuti, SE, MM.

Camat:
Havid Danang P.W, SH. MH.

Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..