Rafly Umar Mahasiswa KKN Tematik UNDIP Mengadakan Pelatihan Kewirausahaan Di Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Universitas Diponegoro - Comedy and Indie

Sabtu, 23 Desember 2023

Rafly Umar Mahasiswa KKN Tematik UNDIP Mengadakan Pelatihan Kewirausahaan Di Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Universitas Diponegoro

  



Loetju.idPelatihan Kewirausahaan adalah program Seminar Wirausaha yang dilaksanakan oleh Rafly Umar sebagai salah satu Anggota Tim KKN Tematik Rusunawa Undip yang merupakan wadah bagi para staff dan mahasiswa yang bertempat tinggal di rusunawa sebagai sarana mendapatkan ilmu enterpreneur dan membangun mental sebagai enterpreneurship yang disalurkan melalui pemateri yang mumpuni dan berpengalaman.

Kegiatan yang bertema "Membangun Mental dan Spiritual Kewirausahaan" ini dilaksanakan pada rabu, 13 Desember 2023 di ruang pertemuan Gedung A Rusunawa Universitas Diponegoro dengan bapak Dr. Hersugondo, SE., M.M. sebagai pemateri. Beliau merupakan Lektor Kepala Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Diponegoro. Sasaran peserta dari kegiatan ini adalah staff rusunawa maupun mahasiswa undip yang tinggal di rusunawa. Kegiatan ini bertujuan agar :

• Meningkatkan potensi wirausaha staff rusunawa berdasarkan sehingga dapat mengembangkan usahanya lebih dini dan terbimbing.

• Meningkatkan potensi wirausaha mahasiswa berdasarkan minatnya sehingga dapat mengembangkan usahanya lebih dini dan terbimbing.

• Menangani permasalahan pengangguran yang menghasilkan pengangguran intelektual dari kalangan sarjana.

Sebagai suatu disiplin ilmu, maka ilmu kewirausahaan dapat dipelajari dan diajarkan, sehingga setiap individu memiliki peluang untuk tampil sebagai seorang wirausahawan (entrepreneur).

Bahkan untuk menjadi wirausahawan sukses, memiliki bakat saja tidak cukup, tetapi juga harus memiliki pengetahuan segala aspek usaha yang akan ditekuninya. Tugas dari wirausaha sangat banyak, antara lain tugas mengambil keputusan, kepemimpinan teknis, kepemimpinan organisatoris dan komersial, penyediaan modal dll.


Jiwa wirausaha ditandai dengan adanya komitmen pribadi untuk dapat mandiri, mencapai sesuatu yang diinginkan, menghindari ketergantungan pada orang lain, agar lebih produktif dan untuk memaksimalkan potensi diri. Maka apabila ingin menumbuhkan mental sebagai wirausaha, kita upaya yang dapat dilakukan adalah dengan memprogram ulang diri untuk sukses melalui deklarasi tertulis, bahwa pikiran perasaan, ucapan dan tindakan anda akan selalu diperbaiki ke arah yang lebih baik (buat 1 deklarasi setiap hari selama 1 bulan).

Selain kegiatan pelatihan kewirausahaan oleh pemateri Dr. Hersugondo, SE., M.M. yaitu dilanjutkan dengan adanya business plan dengan berkompetensi membuat poster kewirausahaan yang bertema “Kreativitas dan Inovasi Jiwa Enterpreneur di Era Digitalisasi”. 


Penulis: 
Muhammad Rafly Attaqqi Umar

Jurusan: 
Ilmu Hukum

Editor:
Achmad Munandar

DPL: 
Triyono, S.H., M.Kn.

Lokasi KKN: 
Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Universitas Diponegoro

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..