Mahasiswa KKN UPNVJT Melakukan Pembinaan Tentang 3R di Desa Kemantren - Comedy and Indie

Selasa, 26 Desember 2023

Mahasiswa KKN UPNVJT Melakukan Pembinaan Tentang 3R di Desa Kemantren




Loetju.idSidoarjo - Mahasiswa UPNVJT Kelompok 16 Surabaya melakukan sosialisasi 3R dalam rangka mengurangi penumpukan sampah plastic kepada masyarakat Desa Kemantren Sidoarjo pada Sabtu, 18 November 2023. 

Dalam semangat pemberdayaan dan keberlanjutan lingkungan, mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) asal UPNVJT turut berperan aktif dengan cara mengadakan kegiatan pemberiaan materi & Praktik tentang pengolahan sampah anorganik kepada ibu-ibu PKK di Desa Kemantren. Kegiatan ini tidak hanya menekankan tentang pentingnya pengolahan sampah, tetapi juga memberikan wawasan bagi masayarakat tentang cara pemanfaatan limbah atau sampah anorganik agar menjadi sesuatu yang mempunyai nilai, baik dari segi fungsi maupun ekonomi.

Dalam pemberian materi tersebut, Tim KKN UPNVJT mengajarkan tentang pengolahan sampah dengan 3 metode, yaitu reuse, recycle, dan reduce. Pertama, Metode reuse adalah metode pengolahan sampah dengan cara menggunakan kembali sampah-sampah yang masih bisa digunakan atau bisa berfungsi. Kedua, metode recycle adalah metode pengolahan sampah dengan cara mengolah kembali sampah atau mendaur ulang sampah menjadi suatu produk atau barang yang mempunyai nilai tambah. Ketiga, metode reduce adalah metode pengolahan sampah dengan cara mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan atau memunculkan sampah. 

Pada kegiatan ini Ibu Mega Cattleya dan Ibu Rizqi Novita Sari selaku dosen pembimbing tim KKN UPNVJT menyampaikan agar tim KKN UPNVJT juga memberikan praktik dalam upaya pengelolaan sampah di Desa Kemantren agar peserta PKK mempunyai gambaran bagaimana cara mengelola sampah dengan baik. Oleh karena itu, mahasiswa KKN UPNVJT juga memberikan praktik tentang cara recycle atau mendaur ulang sampah plastik anorganik. Dari praktik tersebut, mahasiswa KKN UPNVJT mendaur ulang sampah anorganik berupa plastik menjadi sebuah produk yang memiliki nilai yaitu sebuah pot dari botol plastik, kotak tisu dari tutup botol, serta tas dari tutup botol juga. 

Dari kegiatan tersebut, mahasiswa KKN UPNVJT berharap agar kedepannya masyarakat desa kemantren dapat menerapakan tentang pengolahan sampah anorganik di kehidupan sehari-harinya. “Kami berharap agar materi yang kami sampaikan ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat desa kemantren, khususnya dalam pengolahan limbah sampah plastik agar lebih baik lagi dalam mengolah limbah plastik” ujar Yuda Ardiansyah (ketua KKN UNPNVJT). 

Pemberian materi tersebut juga mendapat apresiasi yang posistif dari para peserta yaitu ibu-ibu PKK. “Terima kasih atas materi yang telah disampaikan oleh adek-adek mahasiswa UPNVJT, semoga apa yang disampaikan dapat diterima dan bermanfaat bagi masyarakat di desa kemantren agar lebih baik dalam mengelola sampah”. Ujar Ibu Anis (ketua PKK desa kemantren).

Untuk mengetahui selengkapnya kegiatan yang ada dapat dilihat melalui link berikut:





Penulis: 
Kelompok 16 MBKM Non KKNT MBKM
Prodi Teknik Industri UPN Veteran Jatim

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..