KKN-Tematik SDGs Undip Melakukan Kegiatan Penanaman Mangrove Sebagai Upaya Rehabilitasi Lingkungan Pesisir di Desa Tambakbulusan, Kabupaten Demak - Comedy and Indie

Minggu, 15 Oktober 2023

KKN-Tematik SDGs Undip Melakukan Kegiatan Penanaman Mangrove Sebagai Upaya Rehabilitasi Lingkungan Pesisir di Desa Tambakbulusan, Kabupaten Demak

 

Loetju.id - Demak-Tim KKN-Tematik SDGs 2023 Universitas Diponegoro melakukan kegiatan penanaman mangrove di Pantai Glagah Wangi, Desa Tambakbulusan, Kabupaten Demak pada hari Sabtu, 23 September 2023 bersama dengan Tim IDBU Undip dan kelompok masyarakat pengelola mangrove Desa Tambakbulusan.

Kegiatan penanaman mangrove tersebut merupakan kegiatan program multidisiplin dari KKN-Tematik SDGs Undip 2023 yang berhubungan dengan Iptek Bagi Desa Binaan Undip (IDBU) dalam penerapan teknologi rehabilitasi dan peningkatan kapasitas masyarakat pesisir desa binaan Undip untuk menunjang pembangunan berkelanjutan di Desa Tambakbuluasn, Kabupaten Demak yang telah berlangsung selama 2021-2023.

Menurut ketua Tim IDBU Undip, Prof. Dr. Denny Nugroho Sugianto, ST., MSi., mengatakan bahwa kegiatan penanaman mangrove yang diselenggarakan oleh Tim KKN-Tematik SDGs Undip 2023 bertujuan sebagai upaya rehabilitasi lingkungan pesisir di Desa Tambakbulusan, Kabupaten Demak – Jawa Tengah. Berdasarkan pengamatan secara langsung, diketahui bahwa telah terjadi kerusakan garis pantai akibat adanya bencana abrasi di Pantai Glagah Wangi, Desa Tambakbulusan. Hal tersebut tentunya mendorong upaya penyelamatan pantai melalui peran perguruan tinggi Universitas Diponegoro untuk melakukan program pengabdian masyarakat Iptek Bagi Desa Binaan Undip (IDBU) dengan melaksanakan kegiatan penanaman mangrove. 

Pada kesempatan ini, Tim KKN-Tematik SDGs Undip 2023 melakukan penanaman mangrove dengan menggunakan teknik ”guludan” atau sering disebut sebagai demplot. Teknik guludan sendiri merupakan teknik yang membentuk area tertentu untuk ditanami mangrove dengan tonggak bambu sebagai pembatas. Pembuatan demplot tersebut menggunakan bahan lokal seperti tanah mineral dari daerah setempat, dimana nantinya akan dimasukkan kedalam demplot yang berukuran 5 x 20 meter. Menurut Prof. Dr. Denny Nugroho Sugianto, ST., MSi, kegiatan penanaman mangrove ini juga dapat membantu dalam meningkatkan dan pembaharuan ilmu pengetahuan terkait teknologi rehabilitasi pesisir di Desa Tambakbulusan, Kabupaten Demak.

KKN-Tematik SDGs Undip 2023 telah melakukan kegiatan menanam mangrove sebanyak 500 bibit polybag pada dua demplot yang telah disiapkan sebelumnya. Penanaman tersebut melibatkan Tim KKN-T SDGs, Tim IDBU Undip, dan beberapa masyarakat Desa Tambakbulusan yang berperan sebagai pengelola mangrove di Istana Tambakbulusan (Istambul). Menurut ketua BUMDES Bapak Mohammad Fatkullah, menyampaikan bahwa peran Undip dalam melakukan kegiatan penanaman mangrove sebagai upaya rehabilitasi kerusakan mangrove sudah sangat tepat dan membantu sekali dalam menangani permasalahan di wilayah Pantai Glagah Wangi selaku destinasi wisata di Desa Tambakbulusan.

Selanjutnya, ditambahkan oleh anggota Tim IDBU Prof. Dr. Ambariyanto, MSc., Prof. Dr. Erni Setyowati, M. T., Dr. Diana Nur Afifah, STP., MSi., dan Dr. Yayuk Astuti, S. Si, Ph.D., mengatakan bahwa kegiatan penanaman mangrove ini bertujuan untuk restorasi dan pemulihan ekosistem pesisir, serta mengembalikan fungsi ekologis mangrove sebagai upaya pelestarian hutan mangrove. Adapun tujuan lainnya, mangrove yang telah ditanam harapannya dapat dikembangkan kembali menjadi destinasi wisata mangrove yang menarik dan dapat membantu pemulihan ekonomi masyarakat terdampak abrasi di sekitar Pantai Glagah Wangi. 



Tim Pelaksana Kegiatan:

Ketua:   
Prof. Dr. Denny Nugroho Sugianto, ST., MSi.

Anggota:   
Prof. Dr. Ir. Ambariyanto, MSc.
Prof. Dr. Ir. Erni Setyowati, M. T.
Dr. Diana Nur Afifah, STP., MSi.
Dr. Yayuk Astuti, S. Si, Ph.D.
Tim KKN-Tematik SDGs UNDIP 2023

 
 
Tim IDBU UNDIP, Tim KKN-Tematik SDGs Undip 2023, dan BUMDES bersama dengan beberapa Masyarakat melakukan Kegiatan Penanaman Mangrove di Pantai Glagah Wangi, Desa Tambakbulusan, Kab. Demak beberapa waktu lalu.
 



 
Lokasi Penanaman dan Kondisi Mangrove Setelah Ditanam dengan Teknologi Demplot (Guludan) di Pantai Glagah Wangi.

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..