Psikoedukasi Pengasuhan Positif pada Ibu Balita untuk Mengoptimalkan Masa Emas Anak - Comedy and Indie

Senin, 07 Agustus 2023

Psikoedukasi Pengasuhan Positif pada Ibu Balita untuk Mengoptimalkan Masa Emas Anak

 


Loetju.idKarangasem, Pekalongan (19/07/2023). Anak berusia 0-5 tahun sedang mengalami periode perkembangan yang disebut sebagai "Masa Emas", karena pada rentang usia ini otak anak sedang berkembang secara pesat sehingga perlu menerima perlakuan yang tepat agar anak kelak bisa mengembangkan potensi diri yang dimilikinya.

Berdasarkan hasil survei kepada bidan Desa Karangasem, para Ibu yang menghadiri Posyandu balita baru memerhatikan aspek perkembangan fisik anak dan belum memerhatikan aspek lain seperti kognitif dan sosial emosi. 

Maka dari itu, kontribusi yang dilakukan oleh mahasiswi Fakultas Psikologi dari Tim II Kuliah Kerja Nyata Universitas Diponegoro TA 2022/2023 untuk masyarakat adalah membagikan pengetahuan melalui pelaksanaan program "Psikoedukasi Pengasuhan Positif untuk Ibu - ibu Peserta Posyandu Balita". Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan pemahaman para Ibu mengenai definisi, praktik, dan dampak dari pengasuhan positif.

Pelaksanaan program meliputi pembagian leaflet kepada 20 ibu - ibu peserta Posyandu balita di Dukuh Sikumbang Lor. Setelah pembagian leaflet, mahasiswa bertanya mengenai pemahaman peserta terhadap pengasuhan positif, menjelaskan materi, dan menutup sesi dengan menanyakan kembali pemahaman peserta terkait materi.

Peserta dapat memahami materi dengan cukup baik dan berharap bisa menerapkan cara - cara melakukan pengasuhan positif dalam mendidik anak mereka. Harapannya, program ini dapat membantu orangtua untuk menyadari pentingnya menerapkan pola asuh yang tepat karena selain berdampak pada anak, orangtua pun dapat menerima manfaat dari praktik pengasuhan positif ini.



Penulis: Khalisa Rieke Devianti
Program Studi S1 Psikologi Fakultas Psikologi
KKN UNDIP TIM II 2022/2023  DESA KARANGASEM
Dosen Pendamping Lapangan: Ocid Mursid, S.T., M.T.

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..