Edukasi Kesehatan Berbasis Kimia di Desa Kertosari oleh Mahasiswa KKN Undip - Comedy and Indie

Selasa, 08 Agustus 2023

Edukasi Kesehatan Berbasis Kimia di Desa Kertosari oleh Mahasiswa KKN Undip



Loetju.id - Pemalang, 23 Juli 2023 - Dalam rangka meningkatkan kualitas hidup masyarakat Desa Kertosari, salah seorang mahasiswa dari Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro TIM II 2022/2023 telah menggelar sebuah program edukasi yang berfokus pada hubungan antara ilmu kimia dan kesehatan. 

Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 23 Juli 2023 di posko desa, dihadiri oleh para remaja desa serta ibu lurah Kertosari, dan berhasil mencapai sasaran program yang telah ditentukan.

Kesadaran akan tantangan yang dihadapi oleh rumah-rumah warga di Desa Kertosari menjadi pemicu bagi mahasiswa KKN Undip untuk turut berkontribusi dalam mengatasi permasalahan tersebut. 

Kurangnya penutup pada rumah-rumah telah menyebabkan masalah serius berupa masuknya serangga, terutama nyamuk, serta debu yang tak terelakkan. Untuk mengatasi permasalahan ini dan meningkatkan kualitas lingkungan hidup masyarakat, diperlukan tindakan perbaikan pada kondisi rumah-rumah.

Dengan menggandeng program studi Kimia, mahasiswa KKN Undip menyelenggarakan program edukasi yang difokuskan pada pengetahuan tentang ilmu kimia dan dampaknya terhadap kesehatan. Program ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam kepada para remaja desa akan pentingnya menjaga kesehatan. 

Dalam konteks ini, kesehatan yang terancam akibat serangga vektor menjadi sorotan utama. Dampak buruk dari kesehatan yang terganggu oleh penyakit yang disebabkan oleh serangga vektor dijelaskan secara mendalam kepada para peserta.

Presentasi materi dilakukan dengan menggunakan bantuan presentasi visual berbasis PowerPoint, yang memungkinkan pesan-pesan penting untuk lebih terangkat dan terdistribusi dengan baik kepada audiens. Melalui serangkaian informasi dan gambaran yang jelas, para remaja desa Kertosari diberikan pemahaman tentang berbagai aspek kesehatan dan dampaknya terhadap kehidupan sehari-hari.

Poster edukasi kesehatan


Salah satu fokus utama dalam program edukasi ini adalah memberikan pengetahuan tentang serangga vektor, dampak penyakit yang dapat ditimbulkannya, serta langkah-langkah pencegahan yang dapat diambil untuk mencegah penyebaran penyakit. 

Langkah praktis seperti penggunaan repellent atau lotion/spray anti-nyamuk pada kulit dipaparkan sebagai salah satu upaya efektif dalam menghindari serangan nyamuk dan mencegah penyebaran penyakit yang mungkin ditularkan oleh serangga vektor.

Melalui kegiatan edukasi ini, diharapkan para remaja desa Kertosari mampu memperkaya pengetahuan mereka tentang kesehatan dan memahami hubungannya dengan ilmu kimia. Kesadaran yang ditingkatkan diharapkan akan mendorong langkah-langkah proaktif dalam menjaga kesehatan individu dan masyarakat secara keseluruhan. 

Dengan demikian, program ini bukan hanya sekadar memberikan informasi, tetapi juga berfungsi sebagai langkah nyata menuju perbaikan kualitas hidup dan lingkungan di Desa Kertosari.



Penulis: Hana Afifah
Lokasi: Desa Kertosari, Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang
DPL:
1. Dr. Ir. Abdul Syakur., ST., MT., IPU
2. Muhammad Arief Zuliyan S.IP., LL.M
3. Ima Wijayanti, S.Pi, M.Si, Ph.D


Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..