Pencerdasan Oleh Mahasiswa KKN Tim 1 UNDIP Mengenai Upaya Pencegahan Krisis Air Bersih di Musim Kemarau Panjang Kepada Masyarakat Desa Banyusidi - Comedy and Indie

Sabtu, 17 Februari 2024

Pencerdasan Oleh Mahasiswa KKN Tim 1 UNDIP Mengenai Upaya Pencegahan Krisis Air Bersih di Musim Kemarau Panjang Kepada Masyarakat Desa Banyusidi

 


Loetju.id - Desa Banyusidi, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang merupakan sebuah wilayah pedesaan yang terletak di kaki Gunung Merbabu, dengan ketinggian rata-rata 882 mdpl. Desa Banyusidi memiliki luas sebesar 750 hektar dan terbagi kedalam 22 dusun, 36 RW, dan 81 RT. Dari 6.288 jiwa penduduk Desa Banyusidi, sebagian besar bekerja sebagai petani, pekebun, dan peternak. Hal ini memperlihatkan adanya potensi dari bidang pertanian terutama komoditas pertanian dataran tinggi seperti sayur-sayuran, cabai, tomat, dan lain sebagainya. 

Selain itu, terdapat juga peternakan besar yaitu Balai Ternak BAZNAS yang terletak di Dusun Dayugo. Desa Banyusidi termasuk kedalam salah satu desa di Kecamatan Pakis yang mengalami kekeringan cukup parah pada tahun 2023 kemarin akibat adanya fenomena El-Nino, yang menyebabkan musim kemarau panjang. Beberapa dusun di Desa Banyusidi terutama dusun yang ada di dataran lebih tinggi mengalami kekurangan air, salah satunya adalah Dusun Ngepoh Kidul.

Kekurangan air yang dialami oleh Dusun Ngepoh Kidul terjadi akibat timpangnya jumlah sumber mata air yang tersedia dan jumlah daerah tujuan distribusi aliran air bersih. Masyarakat Dusun Ngepoh Kidul juga belum memiliki inisiatif langkah-langkah yang dilakukan untuk mengatasi kekurangan air akibat musim kemarau panjang dan kondisi alam wilayahnya. 


    
Melihat permasalahan kekurangan air yang dialami oleh masyarakat Dusun Ngepoh Kidul, Desa Banyusidi tersebut, Mahasiswa KKN Tim 1 UNDIP berinisiatif untuk melakukan sesuatu sebagai solusi dari masalah tersebut. Akhirnya pada tanggal 22 Januari 2024, telah terlaksana salah satu program keilmuan oleh Mahasiswa KKN Tim 1 UNDIP yaitu pencerdasan mengenai upaya pencegahan krisis air bersih di musim kemarau panjang. 

Metode pelaksanaan program ini berbentuk acara sosialisasi dengan penyampaian materi kepada masyarakat Dusun Ngepoh Kidul sebagai kelompok sasaran dari program keilmuan ini. 

Penyusunan materi dilakukan dengan kajian dan telaah dokumen dari berbagai sumber mengenai upaya sederhana yang dapat dilakukan masyarakat sebagai persiapan dan penanggulangan ketika terjadi kekurangan air. Materi diawali dengan menyampaikan pengertian dan pentingnya memanfatkan air secara bijak untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam menggunakan air secara bijak. 

Kemudian materi dilanjutkan mengenai apa saja upaya sederhana yang dapat dilakukan oleh masyarakat agar tidak kekurangan air ketika menghadapi musim kemarau panjang. Upaya-upaya tersebut ada yang dilakukan sebelum terjadinya kekurangan air, maupun saat terjadi kekurangan air. 

Pelaksanaan kegiatan KKN Tim 1 UNDIP 2023/2024 bertepatan dengan musim penghujan di Indonesia, oleh karena itu, upaya yang diberikan lebih kepada upaya mengantisipasi dan mitigasi sebelum terjadinya kekurangan air di musim kemarau. Kegiatan diakhiri dengan pembagian leaflet yang berisi upaya-upaya mengatasi kekurangan air kepada seluruh audiens yang hadir. Berikut merupakan leaflet yang dibagikan kepada masyarakat Dusun Ngepoh Kidul agar dapat dipelajari dan diterapkan untuk selanjutnya.
 



Dari kegiatan pencerdasan ini, Mahasiswa KKN UNDIP Tim I Tahun 2023/2024 berharap, masyarakat Desa Banyusidi, Dusun Ngepoh Kidul khususnya, mampu mencegah dan mengatasi tantangan kekurangan air, dan dapat menggunakan air dengan lebih bijak, efektif, dan efisien. 




Penulis :
Salwa Fajar Febriana 
(Mahasiswa S1 Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro)

Editor:
Achmad Munandar

#p2kknundip

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..