Mahasiswa KKN UNDIP Meningkatkan Cyber Awareness: Pentingnya Keamanan Data Pribadi dalam Penggunaan Smartphone di Desa Mojorejo - Comedy and Indie

Minggu, 18 Februari 2024

Mahasiswa KKN UNDIP Meningkatkan Cyber Awareness: Pentingnya Keamanan Data Pribadi dalam Penggunaan Smartphone di Desa Mojorejo


Pemaparan terkait Cyber Awareness di Balai Desa Mojorejo 
dan pembagian Leaflet kepada warga


Loetju.id - Di tengah kecanggihan teknologi digital, kesadaran akan pentingnya keamanan data menjadi semakin vital dan perlu ditingkatkan. Melihat kurangnya pemahaman warga Desa Mojorejo akan potensi bahaya siber, Chika Indriyanti Suryana, sebagai seorang mahasiswi KKN Tim 1 Universitas Diponegoro, merasa perlu untuk mengambil langkah dalam menyadarkan masyarakat akan pentingnya kesadaran cyber. Ia memilih untuk melakukan pemaparan tentang keamanan data di era digital, dengan harapan bisa memberikan warga pemahaman yang lebih mendalam terhadap ancaman tersebut.

Pemaparan dilakukan di Balai Desa Mojorejo, di mana warga dengan antusias menyambut informasi yang disampaikan. Dari pemaparan ini tidak hanya memberikan pemahaman mengenai bahaya siber, tetapi juga memberikan solusi praktis yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, terutama terkait penggunaan perangkat smartphone. Juga menggarisbawahi pentingnya menjaga data pribadi dan memberikan panduan konkret tentang tindakan preventif yang dapat dilakukan.

Selain kegiatan di Balai Desa, pemaparan juga dilakukan dengan sosialisasi door to door, memastikan bahwa setiap warga mendapatkan pemahaman yang cukup tentang keamanan data. Dialog pribadi membuka ruang bagi warga untuk bertanya dan mendiskusikan topik tersebut, sambil mendapatkan panduan yang disesuaikan dengan kebutuhan dan tingkat pemahaman mereka. Langkah ini memberikan sentuhan personal dan memastikan bahwa pesan yang disampaikan benar-benar terserap dengan baik oleh setiap individu.

Sosialisasi Door to Door disertai pembagian leaflet 

Melalui upaya sosialisasi ini, harapannya adalah menciptakan lingkungan digital yang lebih aman di Desa Mojorejo. Dengan meningkatnya kesadaran akan keamanan data, diharapkan warga dapat mengadopsi dan menerapkan kesadaran  dalam menjaga privasi mereka sendiri. Ini tidak hanya akan melindungi mereka dari ancaman siber, tetapi juga akan membentuk fondasi yang lebih kokoh bagi komunitas dalam menghadapi tantangan dunia digital yang semakin kompleks. 




Penulis: 
Chika Indriyanti Suryana

Lokasi: 
Desa Mojorejo, Kecamatan Bendosari, Kabupaten Sukoharjo

DPL: 
Ir. Denis, S.T., M.Eng., IPM., ASEAN.

Editor
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..