Mahasiswa KKN Tematik Desa Rembun Undip Melakukan Pendekatan Survei Lapangan dan Geotagging UMKM Pembuatan Peta Batas RT/RW, Sebarah Fasum, dan Sebaran UMKM di Desa Rembun - Comedy and Indie

Jumat, 23 Februari 2024

Mahasiswa KKN Tematik Desa Rembun Undip Melakukan Pendekatan Survei Lapangan dan Geotagging UMKM Pembuatan Peta Batas RT/RW, Sebarah Fasum, dan Sebaran UMKM di Desa Rembun




Loetju.idRembun, 23 Februari 2024 - Pekalongan selama ini lebih dikenal dengan sebutan “Kota Batik”. Pekalongan, padahal memiliki banyak UMKM (Unit Micro Kecil dan Menengah) yang bergerak di bidang konveksi. Perlu dikenalkan dan branding produk konveksi lainnya di Pekalongan. 

Selain itu masih banyak produk-produk UMKM lainnya yang bisa dikembangkan melalui digital marketing dan sistem informasi dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar. Desa Rembun berlokasi di Kecamatan Siwalan, Kabupaten Pekalongan merupakan desa yang memiliki keanekaragaman geografis. Desa Rembun memiliki bebrapa dukuh dan fasilitas umum di dalamnya serta beberapa UMKM unggulan.

Peran SIG (Sistem Informasi Geografi) merupakan sebuah system yang sudah digunakan di berbagai platform geografi untuk pembuatan peta. Desa Rembun yang sebelumnya belum memiliki peta batas RT/RW dan sebaran fasilitas umum yang jelas. Pada masa KKN mahasiswa Teknik Geodesi mebuat suatu program dengan output yang dapat digunakan untuk lebih memperjelas peta batas RT/RW dan sebaran fasilitas umum yang ada di Desa Rembun melalui pendekatan survei lapangan, toponim, dan juga geotagging.
 

Tujuan dari program ini agar perangkat desa dan Masyarakat Desa Rembun lebih peduli dengan informasi geospasial. Selain itu, program ini mendukung peran dari society 5.0, dengan integrasi SIG maka masyarakat akan lebih aware dengan Internet of Things. Sehingga didapatkan peta yang lebih baik dan sesuai dengan kedaan lapangan yang ada di Desa Rembun tak terbatas hanya menggunakan citra foto maupun satellite.



Penulis: 
TIM KKN-T Undip

DPL: 
FAJRUL FALAH, S.HUM. M.HUM. 
RIRIS TIANI, S.S., M.HUM.
MARWINI, S.HI., M.SI.

Lokasi: 
Desa Rembun, Siwalan, Pekalongan

Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..