Edukasi Keuangan di Pondok Pesantren Putri Darul Ilmi Meteseh melalui Pencatatan Uang Hasil Infaq - Comedy and Indie

Minggu, 24 Desember 2023

Edukasi Keuangan di Pondok Pesantren Putri Darul Ilmi Meteseh melalui Pencatatan Uang Hasil Infaq

 


Loetju.idPondok Pesantren Putri Darul Ilmi Meteseh menjadi pusat pembelajaran agama Islam serta pembentukan karakter santri. Salah satu aspek penting yang ditekankan di pesantren ini adalah edukasi keuangan. Fokus pada transparansi dan tanggung jawab keuangan, pencatatan uang hasil infaq menjadi salah satu langkah praktis dalam manajemen keuangan dengan mencatat setiap penerimaan dan pengeluaran.

Infaq sendiri adalah praktik memberikan sumbangan dalam bentuk harta kepada individu, kelompok, atau organisasi yang membutuhkan. Infaq memiliki peran penting dalam membantu mengatasi berbagai permasalahan sosial, kemanusiaan, dan ekonomi. Mengingat pentingnya peran infaq dalam membantu sesama, maka diperlukan pengelolaan uang hasil infaq agar penyalurannya tepat sasaran membantu kepada pihak yang benar-benar membutuhkan sebagai bagian dari ajaran agama atau sebagai tindakan kebaikan. 

Program KKN Tematik oleh Mahasiswa Universitas Diponegoro yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Putri Darul Ilmi Meteseh pada tanggal 12 Desember 2023 berkaitan dengan edukasi dan pendampingan pembuatan buku pencatatan uang hasil infaq, secara efektif mampu memberikan pemahaman kepada para santri bagaimana mengelola uang hasil infaq yang baik. Pencatatan ini tidak sekadar merupakan kewajiban administratif, melainkan juga bagian dari ibadah dan amal yang harus dilakukan dengan penuh kesadaran dan kejujuran.

Program tersebut memberikan pemahaman yang komprehensif kepada santri mengenai tujuan dari pencatatan uang hasil infaq dan panduan praktis dalam menyusun dan mengelola buku pencatatan tersebut. Para santri juga diberikan pelatihan secara langsung dalam mengisi, memantau, dan menjaga buku pencatatan uang hasil infaq agar tetap akurat dan terperinci.

Selain itu, terdapat sosialisasi mengenai pentingnya pencatatan keuangan kepada seluruh santri. Mereka diberikan pemahaman bahwa pencatatan uang hasil infaq akan membantu mereka memahami arus keuangan yang masuk dan keluar, serta mengukur penggunaan uang secara lebih bijak. Diharapkan melalui program ini, para santri dapat meningkatkan kepercayaan dalam pengelolaan dana infaq serta menjadikan pencatatan uang hasil infaq sebagai landasan kuat bagi keberlanjutan manajemen keuangan yang lebih baik.



Penulis: 
Salsabila Nadiah Wibowo


Editor: 
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..