5 Rukun Komika Agar Sukses di Dunia Standup Comedy ala Pandji Pragiwaksono - Comedy and Indie

Selasa, 12 September 2023

5 Rukun Komika Agar Sukses di Dunia Standup Comedy ala Pandji Pragiwaksono

 




Loetju.id - Pandji Pragiwaksono sebagai salah satu dari founder standup comedy Indonesia layak disebut sebagai panutan oara komika, bagaimana tidak sebagai salah satu orang yang memperkenalkan seni komedi tunggal di Indonesia ia juga serius mengkampanyeka tentang prinsip hidup dari karya. 

Selain sebagai komika papan atas, Pandji juga mendirikan perusahaan bernama Comika bahkan kini ia merantaunke New York bersama keluarga demi mengejar mimpinya jadi komika New York.

Dalam sebuah kesempatan berbincang di channel youtube Hifdzi Khoir personil GJLS, bang Pandji menjawab pertanyaan papa Hifdzi tentang apa saja 5 Rukun Komika yang digagas Pandji agar stand up comedyan bisa sukses.

Apa saja 5 Rukun Komika? Ini dia daftarnya:

1. Personality
Seorang komika harus bisa membangun personality, agar publik tahu siapa kita, sekolahnya di mana, apa yang kita suka dan tidak suka, jalan hidup kita dll sehingga publik merasa dekat dan punya ikatan.


2. Karya
Konsisten membuat karya, karena personality alasan orang dukung dan membeli karya adalah cara orang dukung komika. Jangan lupa karya diposting, ibarat cocok tanam rajin menanam maka bakal memanen.



3. Kolaborasi
Harus mau dan aktif berkolaborasi dengan komika lain, chanel youtube lain, tampil di podcast dan lainnya, tujuannya selain silaturahim juga lintas fanbase.



4. Community Building
Orang yang suka dan beli karya harus dirawat, salah satunya dengan interaksi, balas membalas dan interaksi. Meet and great, main bareng, olahraga bareng, buat grup telegram atau whatssapp.


5. Bisa Jualan
Rutin jualan, mulai dari yang jualan. Tujuannya untuk tahu demografi dan daya beli fans.

Sehingga tahu fanbase ada di mana, mampu membeli tiket dan merchandise harga berapa, usia dan latarbelakangnya.



Demikian tadi sobat Loetju postingan kita kali ini tentang 5 Rukun Komika Agar Sukses di Dunia Standup Comedy ala Pandji Pragisaksono, bagi yang mau nonton video lengkapnya bisa ke channel youtube bang Hifdzi, semoga bermanfaat sampai jumpa.


Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..