Transformasi Desa Jaten: Mahasiswa KKN Undip Berikan Pelatihan Kepada Perangkat Desa untuk Menuju Digitalisasi Desa yang Unggul - Comedy and Indie

Kamis, 10 Agustus 2023

Transformasi Desa Jaten: Mahasiswa KKN Undip Berikan Pelatihan Kepada Perangkat Desa untuk Menuju Digitalisasi Desa yang Unggul

 
 

Loetju.id Boyolali - (11/08/2023) Dalam era digital yang terus berkembang, desa-desa yang ada di Indonesia mulai merasakan dampak positif dari penerapan teknologi dalam mengoptimalkan pelayanan dan pengelolaan. Di tengah perubahan ini, Desa Jaten yang terletak di Kecamatan Klego, Kabupaten Boyolali di Indonesia telah mengambil langkah signifikan dalam menghadapi tantangan dan peluang yang ditawarkan oleh digitalisasi. 

Melalui kegiatan pelatihan perangkat desa yang dilakukan oleh KKN TIM II Undip dengan menggunakan Figma berusaha untuk mencapai transformasi menuju desa yang unggul dalam pemanfaatan teknologi.

Seperti yang diketahui Desa Jaten merupakan salah satu wilayah pedesaan di Indonesia dan menyadari perlunya beradaptasi dengan perubahan zaman. Dengan pertumbuhan teknologi informasi dan komunikasi yang pesat, perubahan dalam cara berinteraksi dan beroperasi menjadi suatu keharusan. 

Oleh karena itu, Mahasiswa KKN TIM II Undip memutuskan untuk mengadakan pelatihan perangkat desa menggunakan Figma, sebuah platform desain grafis berbasis web yang dapat digunakan untuk merancang berbagai jenis antarmuka pengguna. Tidak hanya itu saja, pemberian sosialisasi secara singkat yang dimana branding dalam sosial media mulai digencarkan oleh pemerintah untuk memberikan hak masyarakat untuk menyampaikan suaranya dan juga memberikan transparansi atas kegiatan yang telah dilakukan oleh pemerintah Desa Jaten.

Dalam pelaksanaan pelatihan ini, perangkat desa menggunakan Figma dan dilaksanakan selama dua pekan yang dimana satu minggu pertama untuk kegiatan pelatihan dan satu minggu kedua digunakan untuk monitoring setelah kegiatan pelatihan dilaksanakan. Seperti yang diketahui bahwa kegiatan pelatihan ini melibatkan Perangkat Desa Jaten yang menjadi sasaran utama dalam digitalisasi desa. 

Pelatihan ini dibagi menjadi beberapa tahap, mulai dari pengenalan dasar Figma, desain antarmuka untuk feeds instagram desa, dan cara branding untuk sosial media. Selama pelaksanaan pelatihan juga Perangkat Desa Jaten diberikan pemahaman tentang konsep dasar desain grafis, prinsip tata letak, pemilihan warna yang tepat, dan juga aspek penting dalam mendesain pengalaman pengguna yang baik.

Jika melihat dari hasil pelatihan ini cukup untuk membuat Perangkat Desa Jaten memahami mengenai penggunaan Figma dan juga sosial media branding. Tidak hanya itu saja, dengan adanya pelatihan ini berhasil menghasilkan desain feeds yang menarik dan mudah untuk dipahami dalam segi materi, Kemudian setelah memberikan pelatihan penggunaan Figma, Perangkat desa Jaten dapat menggabungkan gambar, teks, dan elemen desain lainnya dengan lebih efisien. 

Selain hasil yang langsung terlihat, dampak dari pelatihan ini juga terasa dalam peningkatan semangat kolaborasi dan inovasi untuk Desa Jaten. Keterampilan baru yang diperoleh dari pelatihan ini telah memberikan kepercayaan diri untuk berkontribusi dalam pengembangan desa secara keseluruhan.

Dari adanya kegiatan pelatihan yang dijalankan oleh Mahasiswi TIM KKN II Undip dengan tema Digitalisasi Desa menjadi salah satu program monodisiplin yang memberikan informasi dan pelatihan yang dimana penerapan teknologi dapat membawa perubahan positif pada tingkat lokal. 

Dengan semakin banyak desa yang mengambil langkah serupa, maka Indonesia memiliki peluang besar untuk menghadapi tantangan masa depan dengan lebih baik melalui pemanfaatan teknologi dan digitalisasi.



Penulis: 
Annisa Pramudita Puspa Nagari

Program Studi: 
Ilmu Pemerintahan

KKN TIM II UNDIP 2023

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..