Sehatkah Rumahmu? Yuk Kenali Apa Itu Rumah Sehat Bersama Mahasiswa KKN UNDIP - Comedy and Indie

Senin, 07 Agustus 2023

Sehatkah Rumahmu? Yuk Kenali Apa Itu Rumah Sehat Bersama Mahasiswa KKN UNDIP



Loetju.id - Pekalongan, Jawa Tengah – Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro Tim II Periode 2022/2023 melakukan edukasi pengenalan Rumah Sehat Kepada Kader PKK Desa Karangasem. Kegiaan berlangsung pada hari Sabtu (29/07/2023) yang berlokasi dikediaman ketua PKK Desa Karangasem, Kecamatan Talun, Kabupaten Pekalongan.

Rumah merupakan suatu struktur fisik yang terdiri dari ruangan, halaman, dan area sekitarnya, yang digunakan sebagai tempat tinggal dan tempat pembinaan keluarga. Rumah juga digunakan sebagai tempat berlindung dan melindungi diri dari kondisi alam yang tidak selalu menguntungkan. 

Sebuah rumah yang baik tidak harus besar dan mewah, namun harus memenuhi standar kesehatan, sehingga penghuninya dapat beraktivitas dengan nyaman. Untuk mencipatakan rumah sehat, terdapat beberapa aspek kriteria yang perlu diperhatikan mulai dari aspek pencahayaan, orientasi bangunan, ventilasi dan sirkulasi udara, serta penataan ruang.

Pemaparan dan Penyerahan Booklet Rumah Sehat

Saat melakukan survei di wilayah Desa Karangasem, masih terdapat bangunan maupun rumah warga yang belum sepenuhnya memenuhi standar rumah sehat secara optimal. 

Situasi ini mungkin disebabkan oleh kurangnya pemahaman masyarakat mengenai pentingnya merencanakan rumah dengan memperhatikan kesehatan dan kenyamanan penghuni, serta minimnya pengetahuan tentang elemen-elemen yang harus dipenuhi dalam merancang bangunan rumah yang sehat.

Sebagai tindakan responsif, salah satu mahasiswa yang tergabung dalam KKN Tim II UNDIP 2023 mengambil inisiatif untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya rumah yang sehat bagi kenyamanan dan kesehatan penghuni. Selain itu, dia juga menjelaskan apa saja yang perlu dipertimbangkan dan dipenuhi dalam merancang serta membangun sebuah rumah yang sehat.

Contoh denah rumah sehat

Contoh denah tampak depan

Contoh denah tampak belakang






Pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan memberikan pemaparan secara sederhana dan lengkap mengenai apa itu rumah sehat sebagai pendahuluan, kemudian dilanjutkan dengan apa aja kriteria rumah sehat serta memberikan contoh bagaimana rumah sehat itu.

Kegiatan berjalan dengan sukses dan mendapatkan respons positif, seperti ditunjukkan oleh minat peserta terhadap materi dan booklet yang diberikan. Diharapkan bahwa melalui pemahaman tentang Rumah Sehat ini, pengetahuan masyarakat, terutama dalam merawat kondisi rumah, akan meningkat sehingga menciptakan lingkungan yang sehat bagi penghuninya.



Penulis: Erawati Lumban Batu
Dosen Pembimbing Lapangan: Ocid Mursid, S.T., M.T
Loksi : Desa Karangasem, Kec. Talun, Kab. Pekalongn


Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..