Peduli Lingkungan, Mahasiswa Kkn Undip Memberikan Edukasi Pengelolaan Bank Sampah di Desa Pagejugan - Comedy and Indie

Senin, 13 Februari 2023

Peduli Lingkungan, Mahasiswa Kkn Undip Memberikan Edukasi Pengelolaan Bank Sampah di Desa Pagejugan

 


Loetju.idBrebes, Jawa Tengah (01/02/2023) - Tingkat Kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan masih tergolong rendah sehingga tak sedikit masyarakat yang mengabaikan kebersihan dilihat dari cara mereka membuang sampah di lingkungan. 

Sampah merupakan bentuk buangan ataupun sisa suatu proses produksi kegiatan rumah tangga maupun alam yang belum memiliki nilai ekonomis. 

Oleh karena itu diperlukannya partisipasi masyarakat untuk mengurangi timbunan sampah untuk dapat diolah dan dimanfaatkan sehingga menjadi sesuatu yang bermanfaat dan memiliki nilai ekonomis. 

Permasalahan sampah yang ada di Desa Pagejugan, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes cukup memprihatinkan  dikarenakan selain faktor kesadaran masyarakat yang tergolong rendah yang dikarenakan kurang banyaknya tempat sampah yang tersedia dan tidak adanya pengelolaan sampah untuk memilah sampah tersebut sehingga terjadi penimbunan sampah di lingkungan desa. 

Dalam mengatasi permasalahan ini, mahasiswa KKN Undip Tim 1 Universitas Diponegoro Fakultas Sekolah Vokasi Jurusan, Manajemen dan Administrasi Logistik, Junita Kian Vidriyani melakukan sosialisasi mengenai Bank Sampah. Sosialisasi tersebut disajikan materi yang rinci dimulai dari latar belakang bank sampah, pengertian, pengembangan bank sampah dan mekanisme pengelolaan bank sampah. 


Melalui kegiatan sosialisasi tersebut diharapkan masyrakat Desa Pagejugan segera merealisasikan Bank Sampah untuk dapat mengurangi timbunan sampah lingkungan serta memberikan keuntungan ekonomi bagi masyarakat yang tentunya akan mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan. 

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..