Mahasiswa KKN Undip Kenalkan Kerajinan Asal Jepang Berupa Origami dan Teru Teru Bozu Kepada Sekolah Dasar di Desa Galeh - Comedy and Indie

Senin, 13 Februari 2023

Mahasiswa KKN Undip Kenalkan Kerajinan Asal Jepang Berupa Origami dan Teru Teru Bozu Kepada Sekolah Dasar di Desa Galeh

 


Loetju.idSragen (16/01/2023) Mahasiswa Tim I KKN Undip 2022/2023 dari jurusan Bahasa Asing Terapan, membuat sebuah pelatihan yang dapat meningkatkan kreativitas siswa sekolah dasar khususnya pada bahasa jepang. 

Mengenalkan salah satu kebudayaan jepang berupa Origami  dan teru teru bozu merupakan bentuk pembelajaran baru pada tingkat Sekolah Dasar, beberapa siswa sudah mengetahui sedikit tentang Origami namun tidak ada yang mengetahui tentang teru teru bozu.

Mahasiswa KKN Tim 1 UNDIP mengadakan pelatihan membuat kerajinan di salah satu Sekolah dasar, yaitu SDN Galeh 1 dengan sasaran kelas 5 dengan jumlah 25 siswa/i yang berlangsung selama 2 hari. 

Hari pertama pada tanggal 16 Januari 2023 dan Hari kedua pada tangal 17 Januari 2023. Pelatihan ini dapat mengajarkan bahasa jepang dasar dengan memperkenalkan juga tentang bahasa seperti sapaan,hitungan dan kosakata kosakata dasar. 

Selama pelatihan berlangsung, mahasiswa KKN Tim 1 Undip membuat lagu dengan menggunakan bahasa sapaan agar mudah diingat oleh siswa siswi sekolah dasar. Menurut salah satu siswi SDN Galeh 1 “Saya baru mengetahui hal baru seperti yang diajarkan oleh Ayu Sensei,  apalagi selama kegiatan Ayu sensei memberikan lagu yang mudah dihafal dan setiap hari kami dikelas nyanyikan”.

Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kreativitas siswa siswi SDN Galeh 1 di Era Digital yang dapat mengurangi semangat belajar karena terlalu asik bermain gadget daripada membuat kerajinan untuk sarana bermain, dan dapat meningkatkan minat belajar bahasa asing lebih jauh.

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..