Mahasiswa KKN Undip 2023 Bantu Kembangkan Website Informatif Desa, UMKM Go Digital dan Tingkatkan Literasi Pentingnya Pendidikan Masyarakat Karangasem - Comedy and Indie

Minggu, 12 Februari 2023

Mahasiswa KKN Undip 2023 Bantu Kembangkan Website Informatif Desa, UMKM Go Digital dan Tingkatkan Literasi Pentingnya Pendidikan Masyarakat Karangasem

 


Loetju.idKuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu bentuk perwujudan akan pengabdian mahasiswa terhadap masyarakat serta sebagai bentuk tanggung jawab mahasiswa terhadap problematika yang kini dihadapi oleh masyarakat. 

Kuliah kerja nyata (KKN) didasarkan pada Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 74/P/2021 tentang Pengakuan Satuan Kredit Semester Pembelajaran Program Kampus Merdeka yang dilaksanakan melalui Peraturan Rektor Universitas Diponegoro Nomor 5 Tahun 2013 tanggal 16 April 2013 Tentang Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Universitas Diponegoro. 

Mahasiswa diharapkan mampu merancang dan memberikan solusi untuk masalah yang ada dan mengembangkan potensi mitra Sesuai dengan Tri Dharma Universitas, yaitu mentransformasikan fungsi ilmu pengetahuan, pengembangan ilmu melalui kegiatan penelitian serta mengaplikasikannya ke dalam kehidupan masyarakat melalui kegiatan pengabdian.

Salah satunya dengan kegiatan KKN Universitas Diponegoro kami mahasiswa Universitas Diponegoro akan mengikuti KKN Tim I Undip 2022/2023 di bawah bimbingan dosen pembimbing dan di bawah naungan Pusat Pengembangan KKN kepada mahasiswa Universitas Diponegoro melalui metode pengajaran yang berlandaskan Ilmu Pengetahuan serta Iman dan Taqwa dan membantu membangun sarana dan prasarana baik fisik maupun nonfisik di Desa Karangasem, KecamatanTalun, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.

Adapun mahasiswa yang melaksanakan KKN di Desa Karangasem adalah Awliya Adhi Prasojo (Teknik Geodesi), Yunita Salma Nur Fadhila (Teknik Arsitektur), Ayu Rahmadianti (Kesehatan Masyarakat), Muhammad Farizan Kholis (Teknik Komputer), Gamaliel Krisnu A (Antropologi Sosial). Amalia Rizqy Sabillah (Perencanaan Tata Ruang dan Pertanahan), Amanda A Yulinar (Akuntansi Perpajakan), dan Aziz Qomarul Firdaus (Teknik Elektro) yang melaksanakan KKN selama 45 Hari terhitung sejak tanggal 3 Januari 2023.

Desa Karangasem merupakan sebuah desa yang terletak di Kecamatan Talun, Kabupaten Pekalongan yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Batang dengan sungai sebagai pemisahnya. Desa ini dipimpin oleh seorang kepala desa yang sekarang dijabat oleh Bapak Zaenal Abidin. 

Dalam menjalankan pemerintahannya kepala desa dibantu oleh perangkat dalam melakukan pelayanan terhadap kebutuhan masyarakat seperti program pembangunan infrastruktur desa, program Kesehatan masyarakat, dan lainnya. Di Desa Karangasem terdapat berbagai UMKM yang mempunyai kapasitas produksi yang cukup besar di antaranya adalah UMKM konveksi, pembuatan kerupuk, ceting, dan masih banyak lagi. 

Seiring kemajuan zaman dan teknologi, keterbukaan informasi dan akses terhadap berita terbaru dari desa merupakan hal yang sangat diharapkan oleh masyarakat. Namun, selama ini segala pelayanan masih dilaksanakan secara manual di Balai Desa Karangasem. 

Sebagai upaya membantu menyelesaikan masalah tersebut, Tim KKN Undip berinisiasi untuk membantu pengembangan website informatif untuk Pemerintah Desa Karangasem. Website ini berisi informasi tentang profil desa, susunan pemerintahan, dan informasi pelaksanaan pembangunan serta program lain pemerinah. 


Selain itu, pada website ini juga terdapat sarana promosi UMKM yang memungkinkan para pelaku UMKM Desa Karangasem lebih dikenal luas dan menjangkau lebih banyak potensi pasar terutama di era digital seperti sekarang ini.

Selain pembuatan website desa, Tim KKN Undip juga melakukan program multi disiplin wajib sosialisasi pentingnya pendidikan kepada Masyarakat Desa Karangasem yang dimulai dari pendidikan Sekolah Dasar (SD). Hal ini dikarenakan mayoritas penduduk desa rata-rata hanya menempuh pendidikan sampai di tingkat SD saja. 

Padahal, akan sangat banyak kesmepatan yang mungkin diraih dengan adanya gelar akademik atau pendidikan tinggi yang dapat diraih oleh masyarakat. Kepala desa juga turun langsung ke masyarakat untuk memberikan akses informasi tentang perkuliahan gratis dan membantu akses beasiswa kepada masyarakat desa yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. 


Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..