Tim 1 KKN Undip Edukasi Pengelolaan Sampah 3R di SDN 01 Pretek - Comedy and Indie

Minggu, 12 Februari 2023

Tim 1 KKN Undip Edukasi Pengelolaan Sampah 3R di SDN 01 Pretek

 


Loetju.idKesadaran mengenai pengelolaan sampah pada masyarakat sangatlah penting. Rendahnya kesadaran akan pengelolaan sampah bisa berdampak negatif dari segi lingkungan, kesehatan hingga ekonomi. Pengelolaan sampah sendiri merupakan rangkaian proses dalam mengelola sampah yang ada mulai dari pengumpulan, pengangkutan, pemrosesan, daur ulang, hingga pembuangan. 

Guna menaikan kesadaran mengenai pengelolaan sampah ini, Mahasiswa KKN Tim 1 Undip 2023 melaksanakan program kerja Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pembuatan dan Pengelolaan Sampah di Desa Pretek, Kecamatan Pecalungan, Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

Pemerintah Desa Pretek belum memiliki pengelolaan sampah yang diatur oleh sistem, sebagian besar masyarakat lebih memilih membuang sampah di lahan kosong lalu membakarnya. Hal ini jelas merupakan hal buruk yang dapat berdampak pada lingkungan dan kesehatan warga sekitar.

Dalam menjalankan program kerja ini, Tim KKN Undip melakukan sosialisasi akan pentingnya membuang sampah dan 3R (Recycle, Reuse, Reduce) pada siswa di SDN 01 Pretek serta pemberian tong sampah yang telah dibedakan antara sampah organik dan anorganik kepada perangkat desa untuk diletakan di Balai Desa Pretek.


Kepala sekolah dan guru-guru di SDN 01 Pretek berterima kasih atas diadakannya sosialisasi pada anak-anak sekolah, besar harapan mereka akan generasi yang akan datang lebih sadar akan pentingnya pengelolaan sampah.

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..